Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Memakai Komputer Saat Hamil?

Kompas.com - 21/01/2010, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Pada bulan-bulan awal kehamilan, calon ibu sering dibayangi rasa takut akan kondisi dan kesehatan janinnya. Salah satu hal yang kerap membuat calon ibu khawatir adalah mengenai pengaruh radiasi komputer pada kehamilan.

Sebenarnya hingga saat ini belum ada penelitan yang membuktikan bahaya gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan komputer pada kehamilan.

"Belum ada bukti yang menyatakan bekerja di depan komputer akan menyebabkan keguguran atau cacat pada janin," kata Lori Wolfe, konselor genetik dari Amerika Serikat.

Yang pasti, duduk terlalu lama di depan komputer bisa membuat pegal, apalagi untuk ibu hamil. Duduk terlalu lama bisa menghambat sirkulasi darah dan menyebabkan sakit punggung. Karena itu ibu hamil disarankan untuk melakukan peregangan ringan atau sesekali berjalan berkeliling untuk melancarkan peredaran darah.

Perhatikan juga postur tubuh saat duduk. Meski perut terus membusung, jangan menekuk pinggang ke belakang. Bila perlu Anda juga boleh melakukan pemijatan lembut di daerah terasa pegal untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com