Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Asia

Kompas.com - 23/01/2010, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Terkadang mengubah tatanan dan warna rambut menjadi lebih gelap atau terang akan membuat kita tampil lebih fresh. Namun akan lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu warna rambut yang memang cocok dengan warna kulit Anda, dan warna apa yang harus Anda hindari.

Seperti yang kita tahu, wanita Asia sulit untuk mewarnai rambut mereka yang cenderung menolak warna (seringkali warna tidak membaur sempurna). Kalau pun berhasil, umumnya hasil pewarnaan kurang menarik dan tidak "masuk" dengan warna kulit mereka. Terutama jika Anda memilih warna pirang atau blonde. Cara terbaik untuk memilih warna adalah dengan mengonsultasikannya pada penata rambut.

Jika Anda ingin mencoba melakukan pewarnaan sendiri di rumah, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui agar mendapatkan warna yang tepat.

* Warna keseluruhan. Warna rambut hitam amat sinkron dengan warna kulit yang putih atau pucat. Namun kebanyakan rambut orang Asia memiliki tone yang berbeda-beda, dengan warna yang pudar dan tidak pekat. Menurut ahli rambut Vietnam, Ngoc Huynh, kalau Anda ingin menambah dimensi yang berbeda pada rambut Anda, maka Anda bisa menggunakan efek atau nuansa warna tembaga dan coklat tua. Ia mengakui bahwa kebanyakan kliennya suka menggunakan warna coklat keemasan dan coklat pekat, atau warna kayu manis. Situs hairhighlights.org menyebutkan bahwa warna-warna seperti ungu, putih, pirang keperakan, dan biru tua, harus dihindari karena akan berbenturan dengan warna kulit orang Asia.

* Warna berlapis. Mewarnai pada bagian atas rambut akan memberikan pantulan dari warna asli rambut Anda yang lebih pekat. Cara ini juga bagus untuk memberikan efek ganda pada warna rambut saat diterpa cahaya. Keuntungannya? Warna rambut Anda bisa tampil amat berbeda dengan memberikan efek dua warna sekaligus, tergantung apakah Anda mengikat rambut Anda pada bagian atas atau bawah. Selain itu juga menambah daya tarik tersendiri dari efek kemilau yang ditimbulkan pada warna rambut bagian atas.

* Highlights. Warna rambut orang Asia jadi tampil amat berbeda dengan cara ini. Menurut Kyle White, ahli pewarnaan rambut senior di Oscar Blandi Salon, New York, ada banyak keuntungan yang didapat dengan cara highlights. Rambut terlihat jatuh atau enteng (tidak seperti dilapisi) dan tampak amat alami. Ada banyak plihan warna yang bisa Anda pakai untuk cara ini, misalnya ungu terong, warna mahoni atau merah kecoklatan, atau burgundi. Namun hati-hati mengaplikasikannya, karena kalau terlalu tebal maka warna rambut akan terlihat palsu.

* Lightening. Jangan terpaku dengan keinginan untuk tampil pirang, ikuti anjuran dan tahapannya, terutama jika Anda ingin mencerahkan warna rambut Anda. White merekomendasikan untuk meminta bantuan penata rambut yang memang terbiasa untuk melakukan pewarnaan rambut, untuk menghindari rambut menjadi merah dan rusak, atau berubah menjadi warna oranye yang kusam. Jangan terlalu ekstrem, sebab warna-warna hangat dan terlalu terang tidak akan menyatu dengan warna rambut alami Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com