Clint Eastwood Belajar pada Mandela

Kompas.com - 02/02/2010, 07:53 WIB
Editor
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Aktor Morgan Freeman dan Matt Damon berada di London, Inggris, untuk pemutaran perdana film terbaru mereka, "Invictus". Film ini disutradarai aktor gaek Clint Eastwood.

"Invictus" berkisah tentang mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, dan kaitannya dengan Piala Dunia Rugbi 1995.

”Pendekatan politik yang dipilih Mandela sungguh menarik. Ia memakai olahraga untuk menyampaikan misi rekonsiliasi (antarwarga berbeda warna kulit) di negerinya,” kata Clint Eastwood kepada BBC TV.

”Mandela itu salah seorang sosok populer dan kreatif di dunia ini,” kata Eastwood, pria kelahiran 31 Mei 1930.

Dalam "Invictus", peran utama sebagai Mandela yang berkulit hitam dipegang Morgan Freeman. Mandela mempunyai interaksi khusus dengan kapten tim rugbi Afrika Selatan yang berkulit putih, Francois Piennar (diperankan Matt Damon).

Hubungan kedua orang itulah yang dijadikan ”jiwa” dalam film tersebut. Eastwood mengaku tak mudah baginya membuat film tentang Mandela dan olahraga rugbi. Pasalnya, rugbi tak termasuk olahraga yang populer di Amerika Serikat.

”Butuh kerja keras (membuat Invictus), Anda harus membuat permainan rugbi yang menarik dan menampilkannya dengan indah (untuk penonton film),” cerita Eastwood yang berharap Invictus masuk nominasi penghargaan Oscar. (AFP/CP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.