Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Langsing Para Model Usai Melahirkan

Kompas.com - 03/02/2010, 13:33 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Menambah berat badan saat hamil, bahkan hingga 30 kg, adalah hal yang biasa dialami perempuan. Bahwa sebagian besar dari kita butuh waktu berbulan-bulan untuk mengenyahkan sisa berat badan itu usai melahirkan, juga sesuatu yang wajar.

Karena itu Anda pasti terheran-heran, bagaimana sih cara para model bisa begitu cepat menjadi langsing kembali setelah melahirkan?

Camila Alves, model asal Brazil yang juga host acara Shear Genius, mengatakan, di tanah kelahirannya ada tradisi yang memungkinkan sedikit bersantai setelah melahirkan.

“Kami menyebutnya break 40 hari setelah melahirkan," ujar kekasih Matthew McConaughey ini. “Saat itu kita harus membiarkan tubuh kita bekerja dengan sendirinya; kita memberinya waktu untuk memulihkan diri dan membiarkan segala sesuatu tenang."

Dengan melakukan hal tersebut, wanita diharapkan mampu menghargai seluruh kerja keras yang sudah dilakukan oleh tubuh mereka. "Dalam 40 hari ini, kita harus benar-benar santai. Yang saya maksud, tidak berhubungan seks, tidak makan yang sehat, juga tidak perlu ke gym. Setelah 40 hari, kita baru siap untuk mulai lagi," jelasnya.

Meskipun demikian, perempuan yang baru melahirkan anak keduanya, Vida, ini mengaku bahwa ia memang sangat gelisah untuk bisa segera berolahraga kembali. "Kangen rasanya. Tidak cuma supaya badan saya segera langsing, tapi juga untuk kepala saya."

Rupanya, seperti perempuan pada umumnya, rambut Camila rontok sejak kelahiran anak pertamanya, Levi. Tekstur rambutnya benar-benar berubah. "Untungnya rambut saya tebal. Serem kan, kalau rontok terus?" katanya.

Jika Camila merasakan sedikit kekhawatiran dengan tubuhnya, tidak begitu dengan sesama rekan modelnya dari Brazil, Gisele Bundchen. Model yang dikenal dengan lengkung tubuhnya yang dari samping bisa menyerupai huruf S ini tidak merasa kesulitan menurunkan berat badannya. Maklum saja, sejak awal ia tidak membiarkan kehamilan menjadi alasan baginya untuk makan apa saja.

"Tubuh saya tetap terjaga selama kehamilan, karena saya makan dengan sehat, bermeditasi, dan olahraga," papar Gisele, yang berlatih yoga dan kung-fu hingga hamil 8 bulan. "Berat badan saya bertambah sedikit, tapi saya tetap memakai pakaian yang sama; hanya sedikit melakukan penyesuaian di bagian perut."

Justru setelah bayinya, Benjamin, lahir, Gisele merasa kesulitan mengurus badannya. "Saya belum menemukan waktu untuk olahraga lagi. Bulan pertama, seluruh perhatian tercurah ke bayi. Tapi sedikit demi sedikit saya memulihkan bentuk tubuh," jelas istri Tom Brady ini.

Yang memudahkan proses melangsingkan badan, selain karena bobot tubuhnya tak banyak bertambah, Gisele juga melahirkan secara normal. Ia menjalani persalinan di dalam air, dan sampai sekarang ia masih menyusui.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan usai melahirkan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+