Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AT Mahmud, Kerisauan Seorang Pendidik

Kompas.com - 04/02/2010, 09:34 WIB

Oleh: Tonny D Widiastono

Februari 2010 merupakan bulan istimewa bagi pencipta lagu anak-anak, Abdullah Totong Mahmud, atau lebih dikenal dengan AT Mahmud. Tanggal 3 Februari lalu, pria jangkung berkumis putih melintang ini memasuki usia 80 tahun. Istrinya, Mulyani, pada tanggal yang sama memasuki usia 76 tahun. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai tiga anak, yaitu Ruri Mahmud, Rika Mahmud, dan Revina Ayu.

Anggota keluarga AT Mahmud kini sudah kian besar dengan hadirnya sejumlah cucu. Meskipun memasuki usia istimewa, tak tampak kesibukan menonjol di rumah AT Mahmud di Jalan Tebet Barat, Jakarta. Satu-satunya karangan bunga datang dari sebuah perusahaan rekaman. Selebihnya, tak ada apa-apa.

"Memang tidak ada apa-apa. Rencananya hari Minggu nanti akan ada pengajian dengan tetangga," kata Mulyani.

Saat menerima Kompas, pria kelahiran Palembang, yang menyelesaikan pendidikan HIS hingga SMA di kota asalnya itu, terlihat tak segagah dulu. Konsentrasinya mulai berkurang, kesehatannya pun tak lagi prima, dan kemampuan pendengaran telinga kiri juga menurun. Itu semua terjadi setelah AT Mahmud terkena serangan stroke ringan pada Februari 2007. Sejak itu, aktivitasnya mulai banyak berkurang.

"Kegiatan pagi hari saya adalah jalan kaki mengelilingi kompleks, lalu makan telur dan minum susu. Setelah itu, saya baru mencari kegiatan yang lain. Dulu, beberapa kali masih melayani wawancara mahasiswa yang akan membuat skripsi. Tetapi, sejak tahun lalu, kegiatan itu dihentikan," ujar pencipta lagu Pelangi, Ambilkan Bulan, dan ratusan lagu anak-anak lainnya itu.

AT Mahmud tak lagi ingat, bagaimana dan mengapa ia terjun ke dunia lagu anak-anak. Latar belakang pendidikannya adalah Bahasa Inggris di IKIP Jakarta dan pernah mengecap pendidikan di The University of Sydney, Australia, selama setahun.

Namun, sejauh ingatannya, persentuhan dengan lagu anak-anak dialami AT Mahmud saat di HIS di Palembang. Atas kegigihannya menekuni lagu anak-anak itulah, AT Mahmud pernah dipercaya TVRI untuk merancang dan mengasuh acara bagi anak-anak, Ayo Menyanyi, dengan pemandu Ibu Fat. Juga, acara Lagu Pilihanku dengan pemandu Ibu Mul, yang tak lain adalah istrinya sendiri.

"Saya tak ingat lagi, berapa ratus lagu yang sudah saya buat. Mungkin lebih dari 700 atau 800 buah. Yang tercetak di buku Pustaka Nada terbitan Grasindo saja ada lebih dari 300 buah. Dan, berapa lagu yang ada pada buku Amalku, yang berisi lagu-lagu bernapaskan Islami atau pada buku Nyanyian Dua Suara. Saya tak ingat lagi," katanya.

Risau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com