Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steven Tyler Versus Joe Perry

Kompas.com - 05/02/2010, 04:13 WIB

Oleh budiarto shambazy

Steven Tyler, yang terancam kehilangan posisinya sebagai vokalis, pekan lalu meminta rekan-rekannya di Aerosmith menghentikan proses audisi untuk mencari pengganti dia. ”Manajemen Aerosmith agar segera menghentikan langkah-langkah yang bisa merugikan Tyler,” kata surat pengacara Tyler, Skipp Miller, tertanggal 27 Januari lalu.

Miller meminta semua personel atau pemegang saham Aerosmith mengadakan pertemuan pada 9 Februari untuk membahas masa depan mereka. Tahun ini band asal Boston, Amerika Serikat, yang dibentuk tahun 1970 itu berencana merekam album baru dan melancarkan tur ke Eropa dan Amerika Selatan. ”Kami memiliki hak legal tanpa batas untuk menuntut setiap pemegang saham lainnya,” ancam Miller.

Akan tetapi, Miller menambahkan, Tyler belum berencana mengajukan tuntutan ke pengadilan. ”Kami belum menuju ke sana. Kami menghendaki Aerosmith, tentu bersama Tyler, berangkat tur bersama ke Eropa dan Amerika Latin serta merilis album baru. Aneh rasanya jika manajemen Aerosmith malah memilih alternatif lain,” lanjut Miller.

Tyler saat ini menjalani terapi ketagihan obat penahan rasa sakit yang dikonsumsi karena dia menderita penyakit tulang. Tempat terapi Tyler dirahasiakan, tetapi belum lama ini ia bernyanyi di sebuah bar karaoke di Palm Springs, California. Di dekat bar tersebut terdapat sebuah klinik penyembuhan bagi penderita alkoholik, Betty Ford Center.

Menurut Miller, surat ancaman dilayangkan setelah gitaris Aerosmith, Joe Perry, berkomentar secara terbuka bahwa band yang bergelar ”America’s Greatest Rock and Roll Band” itu sedang mencari pengganti Tyler. Di antara nama vokalis yang beredar antara lain vokalis asal Inggris, Paul Rodgers, Lenny Kravitz, dan Billy Idol.

Namun, Perry tampaknya batal merekrut Rodgers. ”Jelas ia kami pertimbangkan karena ia penyanyi favorit saya dan kami bertemu beberapa bulan lalu. Namun, ia senior yang berasal dari Inggris dan kami ibarat yunior yang menghormati dia. Secara teknis dia lebih dari memenuhi syarat, tetapi secara kimia masih belum pas,” ungkap Perry.

Ia mengakui banyak nama yang dipertimbangkan untuk menggantikan Tyler, termasuk vokalis perempuan. ”Sejauh ini belum ada nama vokalis perempuan. Band saya sebelum Aerosmith juga mempunyai vokalis perempuan dan kami cukup bagus. Jadi, peranan perempuan tetap mungkin,” lanjutnya. Sementara Kravitz secara terbuka mengaku tidak tertarik bergabung dengan Aerosmith.

Hubungan memburuk

Adalah Perry yang 6 November tahun lalu ”meledakkan bom” dengan mengatakan, ”Sepanjang yang saya tahu, Steven sudah keluar. Saya membaca beritanya bahwa ia mengatakan mau meninggalkan kami. Saya tak tahu apakah ia benar-benar keluar atau ingin beristirahat. Saya hanya tahu ia sudah tidak mau bersama kami lagi.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com