Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titi DJ: Dari Masa Kecil Pindah ke Album

Kompas.com - 18/02/2010, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak banyak yang tahu bahwa diva pop Indonesia, Titi DJ, dalam perjalanan kariernya sebagai penyanyi banyak terinspirasi oleh vokalis pop Diana Nasution dari era 1970-an dan 1980-an. Karena itu, Titi mempersembahkan album barunya, Titi to Diana, untuk Diana.

 

"Waktu kecil saya dengerin lagu-lagu beliau (Diana). Jadi, beliau mempengaruhi saya untuk menjadi penyanyi sampai seperti sekarang ini," kata Titi, yang mengadakan jumpa pers rilis album itu di Jakarta, Rabu (17/2/2010).

 

Bagi istri gitaris Ovy "/rif" ini, sosok Diana sangat melekat dalam ingatannya. "Sosok Kak Diana Nasution sangat melekat. Waktu kecil, waktu saya les vokal di studio, saya merasa cara saya menyanyi dipengaruhi oleh Kak Diana Nasution," kenangnya.

 

Maka, sebagai bentuk apresiasi Titi kepada Diana, muncullah gagasan dari benak Titi untuk mendaur ulang lagu-lagu yang pernah dinyanyikan oleh Diana. "Saya ingin mempersembahkan ini untuk beliau. Rasa sayang, rasa terharu saya, rasa mengagumi itu bercampur jadi satu," ungkap Titi.

 

Dengan keinginan tersebut, akhirnya Titi mengajukan idenya kepada label rekaman Trinity Optima Production. "Saya bersyukur banget apa yang saya tawarkan ke Trinity diterima, karena saya bukan menawarkan lagu-lagu populer tapi lagu-lagu lama," katanya.

 

Titi mengaku tak memasang target jumlah pembeli album itu. "Terus terang saya enggak ada target. Ini benar-benar murni saya persembahkan untuk Diana Nasution, penyanyi yang saya idolakan," katanya lagi.

 

Dalam album Titi to Diana, Titi juga berduet dengan Diana. "Bukan sekadar lagu yang dibawakan ulang, tapi juga featuring di lagu 'Jangan Biarkan' (ciptaan Hanny Tuheteru)," terangnya.

 

Namun, karena jenis vokalnya berbeda dengan Diana, yang bervokal sopran, Titi mengaku harus menyesuaikannya. "'Dasar Lelaki', yang Melky Goeslaw ciptakan, harus diturunin dari nada aslinya. Karena suara Kak Diana tinggi sekali, jadi diturunin dua nada," jelas Titi, yang mendendangkan "Dasar Lelaki" bersama kwartet vokal perempuan Dara Jana. "Jadi, agar lagunya baik, perlu skill yang baik, supaya gimana caranya pesan lagu itu tersampaikan," sambungnya.

 

Selain "Jangan Biarkan" dan "Dasar Lelaki", ada lima lagu lagi yang dikemas Titi dalam album Titi to Diana. "Benci tapi Rindu", "Hapuslah Sudah", "Sengaja Aku Datang", dan "Aku Tak Tahan Lagi" disajikan oleh Titi sendirian. Satu lagi, "Dan Malam yang Dingin", juga dibawakan oleh Titi bersama Dara Jana, yang terdiri dari Eno, Kiki, Laras, dan Sondang.

 

Titi, yang memercayakan penggarapan musik album tersebut kepada sang suami, Ovy, serta orkestrator Andi Rianto, mengaku tak banyak menemukan masalah. "Prosesnya gampang sekali. Tidak ada kesulitan berarti, apalagi kalau malam-malam ada ide, tinggal colek punggung dia (Ovy)," cerita Titi. "Dan, saya tinggal mengucapkan terima kasih dengan cara saya," tutupnya dengan canda. (C7-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com