Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MoNique Berjaya di Oscar

Kompas.com - 08/03/2010, 10:27 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, aktris Mo'Nique akhirnya membawa pulang penghargaan Aktris Pendukung Terbaik lewat film  Precious: Based on the Novel Push by Sapphire di ajang Academy Awards 2010, yang berlangsung di Kodak Theatre, Minggu (7/3/2010) atau Senin (8/2/2010) waktu Indonesia. Sebelumnya, ia meraih penghargaan yang sama di ajang Golden Globe 2010.

Pengalaman kelam saat masih anak-anak, yang ditumpahkan lewat peran yang dimainkannya sebagai Mary dalam film tersebut, memberi ruh atas peran yang dimainkannya itu.

Belum lama ini, ia mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengalami masa-masa kanak yang menyeramkan ketika kakak tertuanya melakukan pelecehan terhadap dirinya. "Saudaraku ibarat monster bagiku," ujarnya.

"Makanya ketika Lee Daniel, sang sutradara, memberi aba-aba 'action' seketika aku menjelma menjadi kakak saya... Saya berubah menjadi monster itu," katanya.

Dalam film Precious: Based on the Novel Push by Sapphire,  Mo'Nique berperan sebagai seorang ibu yang kejam terhadap anaknya yang penderita obesitas, buta huruf yang juga korban pelecehan.

Pada Academy Awards 2010 ini, ia sukses mengalahkan nomine lainnya seperti, Penélope Cruz (Nine), Vera Farmiga (Up in the Air), Maggie Gyllenhall (Crazy Heart), dan Anna Kendrick lewat film Up in the Air.

Setelah meraih penghagaan ini,  Mo'Nique berharap bisa memberi pengalaman yang 'berharga"'' kepada para korban penganiayaan dan pelecehan seksual untuk terdorong angkat bicara. "Saya pikir film ini akan menyelamatkan kehidupan seseorang," katanya.

Ia sadar itu, pengalaman juga telah membuatnya  menyimpan sendiri rahasia cobaan pelecehan selama bertahun-tahun. "Aku tidak mengatakannya hingga  usiaku genap berusia lima belas tahun. Dan pada waktu itu aku tidak mendapatkan bantuan. Aku tidak mengerti semua itu. Aku melakukan apa yang sebagian besar anak lakukan. Anda menaruhnya di bagian belakang kepala Anda dan Anda tidak memberi tahu siapa pun," ujarnya.

Monique Imes lahir pada tahun 1967. Karier pertamanya dimulai ketika ia membintangi acara televisi sitkom "The Parker,"  yang meraih ketenaran di tahun 1999-2004.   Pada masa itu, namanya mulai dikenal sebagai stand-up comedian. Ia pernah tampil di Baltimore's Comedy Factory Outlet setelah diyakinkan dan didorong oleh Steve, adiknya.

Mo'Nique pernah juga tampil dalm film "Domino"  meski hanya peran kecil. Ia juga pernah tampil dalam film Lee Daniels, yakni  "Shadowboxer"  yang dibintangi Helen Mirren dan Cuba Gooding Jr. (AFP/EH/TFT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com