Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Pria Turun ke Dapur

Kompas.com - 12/03/2010, 11:37 WIB

KOMPAS.com — Memasak memang bukan keahlian yang hanya dimiliki perempuan. Banyak pria yang juga pandai memasak (buktinya, chef terkenal kebanyakan pria!). Banyak pula pria-pria yang senang memasak atau setidaknya tak sungkan turun ke dapur untuk memasak sendiri makanannya. Contohnya Candil (mantan vokalis Seurius) dan Irfan Hakim.

Irfan, yang sejak lulus kuliah sudah bermigrasi ke Jakarta, harus menjalani hidup sebagai anak kos bertahun-tahun. Kondisi ini mengharuskan ia mandiri dan berhemat soal keuangan. Tak terkecuali dengan memasak sendiri.

"Mau tidak mau saya harus bisa masak yang simpel, misalnya nasi goreng,'' ujarnya kepada Kompas Female di sela-sela talkshow "Masakan Ibu-Cinta, Kreasi, dan Apresiasi" yang digelar oleh Royco di Plaza Bapindo, Kamis (11/3/2010).

Berbagai jenis nasi goreng sudah ia coba, dari nasi goreng nanas hingga nasi goreng keju. Bahan apa pun yang ia masukkan ke dalam nasi goreng tersebut, menurut Irfan, rasanya pasti enak. "Sebab porsinya besar,'' ujar pria asal Bandung ini seraya tertawa.

Menurut Irfan, sejak kecil ia sudah akrab dengan dunia memasak. Ia sering kebagian tugas berbelanja ke pasar atau sekadar membeli bumbu masak di warung. Ia juga sering ikutan memasak.  

Nasi goreng juga menjadi menu makan andalan Candil, yang populer lewat lagu "Rocker Juga Manusia" ini. Maklum, nasi goreng adalah makanan favoritnya. Jadi, kalau bisa memasak nasi goreng sendiri tentu hidupnya tak akan susah. Sayangnya, usahanya menikmati nasi goreng selalu gagal karena masakan buatannya tidak enak.

''Saya sering bertanya bumbu-bumbu nasi goreng dengan tukang nasi goreng langganan,'' aku pria berambut keriting ini. ''Tapi saya masih bingung, rasanya ada bumbu yang kurang. Padahal bumbunya sudah sama seperti yang dibilang penjualnya, lho.''

Hm... ada yang mau mengajari Candil memasak nasi goreng?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com