Maya Hasan Dapat Ilmu Baru dari AS

Kompas.com - 14/03/2010, 07:18 WIB
Editor
JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Jakarta International Java Jazz Festival, pekan lalu, pemain harpa Maya Hasan (38) tampil dalam tiga acara, yakni pentas Maya Hasan Sound of Light yang menampilkan Fariz RM, Michael Paulo, dan gitaris John Paul Ivan; lalu pertunjukan marching band; dan yang terakhir workshop bidang yang sedang ia dalami, music for healing.

Tentu yang paling menarik adalah musik untuk penyembuhan lantaran Maya baru saja mendapat ilmu tambahan setelah mengikuti pelatihan selama dua minggu di San Diego Hospice and The Institute for Palliative Medicine, AS, Februari lalu. ”Saya baru nyampe kembali di Jakarta 1 Maret dan dari bandara langsung ke tempat latihan buat Java Jazz. Jadi, benar-benar masih fresh,” tutur Maya di Jakarta, Sabtu (13/3).

Pada prinsipnya, ilmu yang ia pelajari di San Diego memanfaatkan frekuensi dan vibrasi suara instrumen musik untuk membantu para pasien melakukan penyembuhan sendiri atau self healing. ”Jadi, ini bukan musik dalam pengertian umum, tetapi lebih secara teoretis. Bahkan, ada pasien tuli yang bisa mendapatkan manfaat dari metode ini dengan cara ’mendengarkan’ musik melalui indra peraba,” kata musisi kelahiran Hongkong, 10 Januari 1972, ini.

Saat ini Maya sedang menyiapkan sebuah proyek perdana untuk memanfaatkan metode baru ini bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan psikologi dan kedokteran. ”Kalau jadi, ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara,” ujar dia. (DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.