Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahadewi: Ahmad Dhani Hebat

Kompas.com - 15/03/2010, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahadewi keberatan jika Ahmad Dhani, bos rumah produksi dan manajemen artis yang menaungi mereka, dituding sebagai penjiplak lagu dan tidak kreatif. Sebaliknya, di mata Tata dan Puri, dua personel Mahadewi, Dhani merupakan pencipta lagu yang hebat.

 

"Nada itu kan hanya do, re, mi, dan teman-temannya, sementara lagu itu banyak sekali di dunia ini. Kalau ada kemiripan nada atau solmisasi itu, ya wajar," kata Puri di Jakarta, Senin (15/3/2010).

 

Tudingan penjiplakan lagu "Real Love" (ciptaan Sergio Mendez) terhadap Dhani dibantah oleh Puri. Kata Puri, Dhani mengaransemen ulang musiknya dan menyadur liriknya menjadi "Cinta Mati 2", yang dinyanyikan oleh Mulan Jameela. "Itu semua ada tahapannya. Entah dia beli lagunya atau mereka kerja sama, itu kami enggak tahu," ujar Puri. "Tapi, kalau dibilang Mas Dhani menjiplak atau mengubah liriknya, tetap ditulis kok nama pencipta lagunya," timpal Tata.

 

Begitu pula untuk lagu "Madu Tiga", karya (mendiang) P Ramlee. Bagi Tata dan Puri, apa yang dilakukan oleh Dhani sudah sesuai prosedur, tanpa melanggar hak cipta. "Kami percaya, Mas Dhani punya sesuatu yang besar. Kalau Mas Dhani sampai plagiat, enggak mungkin, karena dia pasti melakukan tahapan prosedurnya," ucap Puri.

 

Lanjut Mahadewi, jika pada akhirnya apa yang dilakukan oleh Dhani tetap dipandang negatif oleh sebagian pihak, mereka tidak mempermasalahkannya. "Setiap orang punya opini masing-masing, pendapat masing-masing. Itu sah-sah saja, karena kami bukan musisi yang tahu ini lagu siapa. Kalau ada lagu Mas Dhani yang mirip (dengan lagu karya pencipta lagu lain), itu karena keterbatasan not saja," bela Puri.

 

Namun, Mahadewi menganjurkan agar publik tak langsung menuding Dhani sebagai pemusik yang tidak kreatif. "Sebenarnya enggak bisa dilihat dari situ saja, karena karya Mas Dhani itu banyak sekali, dari zaman Mahameru, Dewa 19, sampai saat ini entah T.R.I.A.D atau Mohamad Dhani and The Swinger," tegas Puri.

 

Tata menekankan, "Bagi aku sih Mas Dhani itu bukan plagiat. Dia seorang komposer hebat yang bisa mengubah lirik dan mengaransemen lagu," ucapnya. "Ya, memangnya gampang apa bikin lirik?" timpal Puri. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com