Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doa Widyawati untuk Si Om

Kompas.com - 26/04/2010, 22:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat 26 April 2010 ini, pemain film kawakan Widyawati memperingati hari lahir mendiang suaminya aktor yang juga politisi Sophan Sophiaan. Masih lekat dalam ingatan Widyawati, bahwa suaminya paling tidak suka merayakan hari kelahirannnya.

 

"Buat saya berkesannya begini, Om itu orangnya tidak suka dirayakan," terang Widyawati yang menyebut mendiang suaminya dengan kata Om saat ditemui usai press screening film Demi Dewi di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2010).

 

Lanjut Widyawati, selama berumah tangga dengan pria kelahiran 26 April 1944 itu, tidak ada tradisi khusus setiap hari ulang tahun tiba. "Di kita tidak pernah ada tradisi, paling di kita kalau ada yang ulang tahun kita paling makan malam bersama. Hanya itu saja," kenang Widyawati.

 

Kalaupun ada, kenang Widya, ia hanya menyediakan nasi kuning saat hari kelahiran suaminya tiba. "Nasi kuning itu yang selalu pasti ada buat siapa saja yang ulang tahun. Hanya itu yang saya lakukan," cerita Widyawati lagi.

 

Diakui Widyawati, mendiang suaminya selalu merasa tidak nyaman dengan perayaan ulang tahunnya. Pernah suatu ketika ia sengaja memberikan kejutan saat Sophan  merayakan ulang tahunnya. "Waktu itu pas sekitar umur 60 tapi saya sudah lupa. Saya bikin surprise yang kebetulan kita pas pindah rumah. Kita semua kumpul termasuk teman-temannya. Tapi dia bilang 'kamu kan tahu kalau saya enggak suka dirayaain'," kenang Widyawati menirukan ucapan Sophan.

 

Kini, tepat di hari ulang tahun mendiang suaminya, kisah hidangan nasi kuning pun hanya tinggal kenangan. Widyawati menganggapnya sebagai kenangan indah. "Buat Tante sekarang ini setiap momen sama Om jadi indah. Setiap kita mau jalan ke mana selama sama Om itu indah. Ya karena kebersamaan kita yang membuat perpisahan ini berat sekali. Karena saya selalu dimanjakan oleh Om," katanya.

 

Meski tanpa hidangan nasi kuning, doa tulus Widyawati terus terhaturkan dengan tulus. "Jujur setiap malam yang saya lakukan adalah berdoa, sampai tadi pagi saya selalu berdoa, karena hanya doa yang bisa saya lakukan sekarang ini," ujar Widyawati. (FAN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com