Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astrid & Bobby, Megahnya Pernikahan Adat Batak

Kompas.com - 29/04/2010, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Konsep pernikahan dengan acara kental adat dan tradisi boleh saja sama. Namun, Astrid Bonivasia Sinaga dengan Bobby Bernard Batubara berhasil membuat konsep pernikahan yang berbeda dengan keluarga besarnya.

Sentuhan personal dalam setiap acaranya memberikan kesan unik dan berbeda. Begitu sakral dan menyentuh perasaan setiap orang yang menyaksikan prosesi sakramen perkawinan. Sedangkan prosesi adat Batak dan resepsi pernikahan yang bernuansa kampung terkesan meriah dan istimewa.

Resepsi yang menggunakan tema "Kembali ke Kampung", disusun oleh pihak keluarga yang menggemari tata acara pesta. Astrid mengaku, dengan keterlibatan keluarga besar Batubara, Sinaga, dan Tambunan, pesta pernikahan menjadi khas tradisi Sumatera Utara.

Suasana kampung halaman pengantin pria ini "dipindahkan" ke lokasi resepsi di gedung Bidakara.

"Suasana resepsi seperti pesta kampung. Dekorasi, florist, dan pelaminan, semua konsepnya dari pihak keluarga. Suasana kampung sudah terasa dari pintu masuk dengan busana penerima tamu dari kain ulos. Sentuhan budaya Batak ada di mana-mana," tukas Astrid, menceritakan resepsi pernikahannya yang berlangsung 25 April lalu pada Kompas Female.

Dekorasinya memperlihatkan becak dan sepeda khas Siantar, hingga rumah khas Batak. Tak ayal, setiap sudut dalam resepsi pernikahan dijadikan spot foto oleh tamu yang kebanyakan adalah sahabat, relasi, dan kerabat. Astrid juga menghadirkan photobooth yang memberi kesempatan bagi para tamu untuk membuat foto instan bersama pengantin.

Bagi sejumlah kawan Astrid yang berbeda bangsa, momen ini menjadi pemandangan yang sangat langka. Menurut Astrid, momen istimewanya menjadi ajang reuni bersama kawan-kawannya semasa kuliah di Australia sekaligus mengenalkan budaya Batak.

"Menjadi kebanggaan menggelar perhelatan bernuansa tradisi dan kampung, dan mengenalkan tradisi Batak kepada banyak orang," papar Astrid.

Jika mengikuti acara pernikahan Astrid dan Bobby sejak awal, keunikan sudah terasa di setiap acaranya. Jika resepsi dan acara adat sangat bernuansa Sumatera, sakramen pernikahannya yang berlangsung di Gereja Kathedral Jakarta berkonsep internasional.

Gaun mewah yang dikenakan Astrid memperindah nyanyian syahdu yang dipersembahkannya untuk orangtua dan pengantin pria. Astrid melantunkan lagu Wonderful Day saat sang ayah mendampingi menuju altar. Begitupun saat pemakaian cincin dan menyatakan "I do", Astrid mengucap janji setia dengan menyanyi selama 2 menit diiringi biola dan piano. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com