Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sang Pemimpi" Raih Audience Awards

Kompas.com - 03/05/2010, 09:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Film Sang Pemimpi sekuel Laskar Pelangi karya sutradara Riri Riza merebut juara ketiga Audience Awards di ajang Udine Far East Film Festival, Italia.

"Audience Awards didasarkan pada jumlah perolehan suara penonton (voting) seusai penayangan film," ujar Counsellor Pensosbud KBRI Roma Musurifun Lajawa di London, Inggris, Minggu (2/5/2010).

Musurifun mengatakan, gemuruh tepuk tangan dari sedikitnya 1.000 penonton memenuhi Gedung Teatro Nuova berlantai tiga menjadi pemandangan mengharukan pada hari terakhir festival film di Udine.

Dikatakannya, jepretan kamera para wartawan dan kerumunan penggemar meminta tanda tangan Riri, yang duduk di barisan tengah gedung pertunjukan.

Sementara itu, Mira Lesmana, sang produser, yang mendampingi Riri, mengaku terharu dengan sambutan hangat penonton film Sang Pemimpi di Udine.

Udine Far East Film Festival, merupakan ajang tahunan film Asia bergengsi di Italia, tahun ini diikuti 72 film pilihan dari Asia, yaitu, China, Jepang, Korea, Hongkong, Indonesia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Dua film Indonesia lainnya yang ikut menyedot perhatian penonton pada festival Udine adalah Srigala Terakhir karya Upi dan Identitas karya Aria Kesumadewa.

Ketika ditanya mengenai perkembangan film Indonesia, Riri mengatakan, sejumlah film Indonesia sudah dapat menyamai film-film Asia lain, termasuk Jepang dan China, seperti terbukti dengan unggulnya film-film Indonesia di berbagai festival film Asia dan bahkan festival film internasional.

Film Sang Pemimpi tahun ini mengulangi keberhasilan Laskar Pelangi yang bertengger pada posisi ketiga (runner-up) Udine Far East Film Festival tahun 2009. "Sang Pemimpi juga berhasil memperoleh penghargaan Network for the Promotion of Asia Cinema (NETPAC) Critic Award pada Singapore International Film Festival," ujar Riri.

Menurut konsultan Far East Film Festival, Paolo Bertolini, film-film yang paling banyak diminati penggemar film di Italia dan juga umumnya di negara lain di Eropa adalah film percintaan (romantik) dan horor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com