Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doyok Kaget Dengar Us Us Berpulang

Kompas.com - 08/05/2010, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Doyok mengaku kaget ketika menerima kabar bahwa rekannya sesama komedian, Abah Us Us (70), yang aslinya bernama Raden Achmad Yusuf Wargapranata, telah berpulang pada Sabtu (8/5/2010) pagi. 

"Ya saya terima kabar pagi tadi dari (pelawak) Atep Zakaria lewat SMS bahwa Abah Us Us meninggal," terang Doyok ketika dihubungi Kompas.com di Jakarta, Sabtu. 

Doyok mengaku tidak mengira bahwa Abah Us Us, yang belum lama ini masih sempat melawak bersamanya, telah tiada. "Rasanya baru kemarin kami tuh ngelawak bareng di acara off air BUMN. Memang sih, kalau di stasiun TV, kami belum pernah bareng," tutur lelaki bernama asli Sudarmadji ini. "Malah, saya terakhir masih sempat lihat dia di (tayangan komedi) Opera Van Java bareng Sule," tambahnya.

Di mata Doyok, Abah Us Us merupakan salah seorang pelawak legendaris. "Beliau pekerja keras, teman dekat, guru saya, dan tentu seorang seniman legendaris," puji Doyok.

Namun sayang, Doyok tidak bisa mengantar Us Us ke tempat peristirahatan terakhirnya di Ujung Berung, Bandung (Jawa Barat). "Saya terima kabar akan dimakamkan ba'da zuhur, tapi saya sudah bilang ke teman-teman kalau saya tidak bisa ikut, karena anak saya diwisuda," tutup Doyok.

Abah Us Us tutup usia pada Sabtu kira-kira pukul 06.00 WIB. Ia mengembuskan napas terakhirnya sesudah mengalami bocor pada jantungnya. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Husni Thamrin, Cileungsi, Bogor, Jumat (7/5/2010) kemarin.

Abah Us Us, yang identik dengan peniti besar pada busananya, lahir di Bandung, 13 Juni 1939. Dalam grup lawak D'Bodors, ia bersama Yan Asmi atau Kang Uyan dan Kang Engkus, terkenal pada era 1980-an. Abah Us Us tampil terakhir dengan teman-teman D'Bodors-nya dalam tayangan komedi layar kaca Pas Mantab bareng Parto, Andre, dan Sule tahun ini juga.

Pada 23 April 2010 Abah Us Us menerima penghargaan Lifetime Achievement dalam Festival Film Bandung. (FAN/wartakotalive.com/luc)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com