Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diiringi Hujan, Jenazah Abah Us Us Dimakamkan

Kompas.com - 08/05/2010, 16:10 WIB

Laporan wartawan Kompas.com Eko Hendrawan Sofyan

BANDUNG, KOMPAS.com — Hujan mengiringi pemakaman jenazah komedian Raden Achmad Yusuf Wargapranata (70) alias Abah Us Us di tempat pemakaman keluarga di Cirengot, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cinambo, Ujung Berung, Bandung Timur, pada Sabtu (8/5/2010) siang.

Hujan yang turun menyebabkan liang lahat untuk jenazah Abah Us Us sempat tergenang. Kang Ibing, teman baik seprofesi Abah Us Us, pun turun ke dalamnya untuk menyerok air itu. Kang Ibing pula yang menerima jenazah Abah Us Us ketika diturunkan ke liang lahat kira-kira pukul 15.15 WIB.    

Ketika jenazah suaminya dimasukkan ke liang lahat, Iyus Ruhana, istri almarhum, tak kuasa membendung air matanya. Mendampingi Ruhana, Kang Engkus atau Kusye dari grup lawak D'Bodor juga menangis. Ketika sudah keluar dari liang lahat, Kang Ibing sampai berkali-kali mengingatkan, "Tolong jangan tangisi Abah."

Jenazah Abah Us Us dimakamkan di sebelah makam ayahnya, Raden Erom Wargapranata, dan makam ibunya, Siti Fatimah.

Erie Djaka, salah seorang anak Abah Us Us yang hadir pada pemakaman ayahnya, menerangkan bahwa ayahnya sempat menolak keras untuk dirawat di Rumah Sakit Husni Thamrin di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/5/2010). Padahal, kata dokter, kondisi ayahnya mengkhawatirkan. "Mengapa Abah enggak mau dibawa ke rumah sakit pada Jumat itu karena Abah ingin Sabtu ini menghadiri pertemuan keluarga besarnya," cerita Erie.     

Sebelum itu, cerita Erie lagi, sehari-hari kondisi ayahnya sehat-sehat saja. "Bahkan, Abah masih merokok, minum kopi," ucapnya. "Kalau saya sih lihat Abah tuh kaya Superman," tambahnya.

Pada pemakaman Abah Us Us hadir juga, antara lain, Aom Usman, Jaka Bimbo dan Argo alias Aa Jimmy dan para kerabat lainnya. (ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com