Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajang C Noer Akan Lapor ke Polisi

Kompas.com - 27/05/2010, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sampai saat ini, kata aktris Jajang C Noer, akun Facebook (FB)-nya masih dibajak oleh orang lain dan digunakan untuk melakukan penipuan uang. Jajang berencana melaporkan tindak kejahatan itu ke Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (27/5/2010) malam ini.

Ketika dihubungi melalui telepon genggamnya oleh Kompas.com, Jajang mengatakan bahwa Jajang palsu itu telah meminta dipinjamkan uang kepada sejumlah orang yang ada dalam daftar Friends pada akun FB-nya. Namun, kata Jajang lagi, baru seniman Butet Kartaredjasa yang diketahuinya tertipu oleh Jajang palsu tersebut.

"Butet kena dua juta (Rp 2 juta). Dia enggak sadar bahwa selama ini saya selalu kirim kabar ke dia lewat SMS, enggak pernah lewat chat YM atau FB. Tapi, saya maklum kalau dia percaya dan langsung transfer uang dua juta ke hacker itu karena saya pernah pinjam uang ke dia dan dia ketika itu di bandara (Soekarno-Hatta, Cengkareng), sudah mau terbang (ke Yogyakarta)," cerita Jajang.

Cerita Jajang lagi, Butet baru sadar jadi korban sesudah Jajang justru menanyakan mengapa Butet mengirim kepadanya pesan lewat SMS untuk memastikan uang Rp 2 juta itu sudah atau belum diterima oleh Jajang.            

Selain Butet, ada, antara lain, seorang teman dan seorang kerabat Jajang yang juga dikirimi permintaan peminjaman uang oleh Jajang palsu tersebut. "Ada yang tanya ke saya, 'Tante kenapa? Betul butuh uang?' Ada juga yang enggak percaya bahwa yang pinjam uang itu betul-betul saya karena hacker itu menyebut dia Mas, sedangkan saya enggak pernah memanggil dia Mas," tuturnya. Karena sempat melakukan konfirmasi ke Jajang, teman dan kerabat Jajang itu tak jadi korban.            

Jajang mengaku, akun FB-nya sampai saat ini masih dikuasai oleh Jajang palsu. Lanjutnya, ia juga masih tak bisa masuk ke akun FB-nya.

Aku Jajang pula, ia sudah melaporkan tindak kejahatan tersebut kepada pengelola FB. "Saya akan melapor juga ke polisi, Polres (Metro) Jakarta Selatan, jam tujuh malam (19.00 WIB)," ujarnya. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com