Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pance F Pondaag Meninggal Dunia

Kompas.com - 03/06/2010, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dunia musik Tanah Air kembali berduka. Penyanyi, pencipta, dan penggubah lagu yang tenar tahun 1980-an, Pance F Pondaag, berpulang setelah cukup lama sakit. Pance terserang stroke sejak tahun 2001.

Kamis (3/6/2010), sekitar pukul 17.00 WIB, Pance mengembuskan napas terakhirnya pada usia 59 tahun di kediamannya di kawasan Atma Jaya, Pluit, Jakarta Utara.

Pance lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 18 Februari 1951. Ia merupakan musisi  yang berhasil mengorbitkan penyanyi-penyanyi tenar pada zamannya, seperti Maya Rumantir, Dian Piesesha, hingga Meriam Bellina.

Lagu berjudul "Lahir Lagi Satu" hasil ciptaannya yang kemudian dinyanyikan oleh Hetty Koes pada tahun 1978 berhasil meraih juara 1 Lomba Cipta Lagu Tingkat Nasional. Adapun lagu "Tak Ingin Sendiri" yang dinyanyikan lewat suara Dian Piesesha (1984) pernah merajai dunia rekaman.

Masa keemasan yang pernah dia toreh tak berlaku di ujung hidupnya. Seperti seniman kebanyakan, kondisi perekonomian keluarga Pance jauh dari cukup. Sejumlah rekan sesama musisi yang masih peduli sempat menjenguknya dan memberikan sebagian rezekinya ketika ia dalam kondisi sakit-sakitan. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com