Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

d'Masiv Bertandang ke Singapura

Kompas.com - 04/06/2010, 04:07 WIB

Malam itu, Fort Canning Park, Singapura, terasa dingin. Tetapi Rian, vokalis band d’Masiv, rupanya paham cara menghangatkan malam. Ia minta 2.000-an penonton ”Indo Music Festival Singapore” berdiri, menyalakan telepon genggam hingga muncul tebaran cahaya di antara gelap malam.

Lalu, mengalunlah lagu ”Rindu ½ Mati”. ... Aku ingin engkau ada di sini/ Menemaniku saat sepi/ Menemaniku saat gundah….

MuDAers, Rabu (2/6) itu, ”Indo Music Festival Singapore” untuk pertama kalinya digelar. Dua band asal Indonesia yang tampil: d’Masiv dan Sheila on 7.

Penontonnya beragam. Ada orang Melayu, Tionghoa, dan India. Tapi, tentunya, terbanyak ya orang Melayu karena mereka lebih bisa menikmati lagu-lagu berlirik bahasa Indonesia. Penonton asal Indonesia yang lagi sekolah/kuliah bahkan sengaja datang dari Indonesia juga ada.

”Kami punya kecintaan dan perhatian pada musik. Kami ingin memajukan musik Indonesia. Peminat musik Indonesia juga banyak di Singapura, karena itu kami berani menggelar festival musik ini,” kata Marlinah Ahmad, pimpinan Green Media, promotor, yang berencana menggelar acara ini setiap tahun.

”Penonton di Singapura punya standar untuk tontonan musik. Kami harus memperhatikan venue, music, dan sound. Kami mau ini berjalan untuk jangka panjang, jadi kami berikan yang terbaik, meski tanpa sponsor besar. Kami tidak mau didikte sponsor,” kata Marlinah tentang pertunjukan berbiaya produksi sekitar 100.000 dollar Singapura ini.

Soal lokasi festival di Fort Canning Park, karena taman ini termasuk strategis dan nyaman. Lokasinya enggak jauh dari Orchard dan Stamford Road, mudah bagi penonton mencapainya.

Fort Canning Park merupakan taman luas di belakang Museum Nasional Singapura. Bangunan utama di taman itu dibangun tahun 1926. Sewaktu Perang Dunia II, tempat ini menjadi markas komando Kerajaan Inggris di Timur Jauh. Kini, gedung itu direnovasi untuk dijadikan hotel.

Taman luas yang mengitari gedung itu dipagari tembok putih tinggi dengan empat gerbang. Dulu, tempat ini menjadi semacam benteng. Tempat itu sering dipakai untuk gathering. Jadi, di sekitar panggung dipasang rumput sintetis, biar rapi.

Beberapa artis yang pernah berkonser di Fort Canning Park adalah Back Eyed Peas, Mr Big, Sum 41, Beastie Boys, Muse, Keane, Mika, Beyonce, Lady Gaga, dan yang bakal tampil, American Hard Rock Band Fire House.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com