Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Dijadwalkan Hadiri Sail Banda 2010

Kompas.com - 11/06/2010, 17:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri puncak acara Sail Banda 2010 di Maluku. "Presiden dijadwalkan akan menghadiri puncak acara Sail Banda pada tanggal 3 Agustus 2010," kata Menko Kesra Agung Laksono usai memimpin rapat koordinasi persiapan Sail Banda 2010 bersama sejumlah menteri di Jakarta, Jumat (11/6/2010).

Agung menyebutkan, secara keseluruhan rangkaian acara Sail Banda akan berlangsung pada 27 Juli hingga 8 Agustus 2010.

Menko Kesra juga mengatakan, kehadiran Presiden SBY juga dijadwalkan untuk meresmikan Provinsi Maluku sebagai lumbung ikan nasional. Karena itu, menurut Agung, kegiatan Sail Banda 2010 akan dapat membentuk pencitraan Maluku sebagai wilayah yang aman, damai dan sejahtera serta memiliki kekayaan bahari yang sangat potensial.

Agung menambahkan, beberapa kegiatan dalam Sail Banda 2010 di antaranya lomba perahu layar yang dimulai dari Darwin (Australia), lomba memancing, dan turnamen menyelam internasional.

Selain itu akan dihadirkan tujuh konferensi nasional dan internasional di antaranya konferensi kerja sama Indonesia-Australia di Bidang Kelautan dan Perikanan, konferensi internasional terumbu karang dan pulau-pulau kecil, konferensi nasional ke-7 pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Ada juga seminar internasional tanaman sagu, simposium internasional ilmu pengetahuan teknologi kelautan dan perikanan serta seminar internasional teknologi eksplorasi bawah laut.

Dalam kegiatan yang bertema "Small Island for Our Future" itu juga akan diisi oleh kegiatan sosial yaitu operasi Bakti Surya Baskara Jaya. Operasi ini merupakan kegiatan yang didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga negara serta TNI Angkatan Laut dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menjadi koordinatornya.

Operasi ini akan melakukan bakti sosial dan bantuan kesehatan bagi masyarakat yang berada di Maluku bagian utara hingga selatan khususnya di wilayah pesisir pantai.

Lima Angkatan Laut dari lima negara sahabat yakni Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia sudah menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam acara Operasi Bakti Surya Baskara Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com