Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Achmad Albar Ditemani Sinden

Kompas.com - 12/06/2010, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Urban Jazz Crossover 2010: A Night of Fusion Tunes telah sampai di kota keempat, Jakarta. Sejumlah vokalis ternama dalam negeri dari berbagai genre musik memberi suguhan berkelas bagi para penikmat musik dewasa.

Tak kurang dari 2.200 penonton langsung dihibur oleh aksi Ipang, yang melantunkan lagu "Enter The Sandman", milik Metallica, dan "Are You My Girl", yang dipopulerkan oleh band Jett, sebagai pembuka pertunjukan musik yang memadukan jazz dengan aneka genre musik lain itu, di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Jumat (11/6/2010) sejak pukul 20.30 WIB.

Sesudahnya, Ipang mendapat teman duet, Dewi Sandra, untuk lagu karya Dewiq "Bete Ah" dan single dari vokalis Amy Winehouse, "Rehab".

Penampil berikutnya ada Drew dengan "That's not My Name" dari duo The Ting Tings plus "Sempurna" milik band Andra and the Backbone. Berikutnya, nuansa musik Timur Tengah yang kental dengan tabuhan rebana menjadi intro ketika Sandhy Sondoro menyanyikan "Desert Rose" (Sting featuring Cheb Mami). Sandhy dibantu oleh vokalis yang juga sinden Yuyun sebagai penyanyi latar, yang berdiri di atas backdrop berbentuk kubus, tampil sebatas siluet. Funk dan jazz menjadi bumbu pada lagu tersebut.

"What's up Jakarta, aku tahu kalian menikmati malam ini. Berikutnya adalah lagu yang sengaja dipesan untuk idola saya, Iwan Fals," seru Sandhy sambil memulai "Yang Terlupakan" dengan iringan sayup-sayup tiupan flute Donny yang menambah manis lagu itu. Sandhy lalu meluncurkan "Home Sweet Home" dari Motley Crue, yang pernah diperkenalkan kembali oleh Limbizkit, sebelum single andalannya, "Malam Biru", meluncur sebagai lagu bonus darinya.

Kini giliran vokalis band Cokelat, Kikan, yang tampil dengan lagu "Light My Fire" (The Doors), yang dibawakannya dengan down beat, sementara permainan keyboard Indra Lesmana mendukung penampilannya. "Rasanya kurang lengkap kalau saya enggak bawain lagunya Cokelat, tapi versinya Urban Jazz Crossover," seru Kikan sebelum "Luka Lama" dibawakannya dengan classic jazz, dengan bumbu tiupan trombon oleh Enggar dan betotan bas oleh Bonar Abraham, sementara Rayendra Sunito memberi sentuhan dengan hi-hat drum.

"Malam Jakarta, mana suaranya. Ini satu lagu yang saya yakin kalian tahu semua," seru Kikan lagi, lalu disambut intro "Starlight" (Muse) dengan musik disko. Backdrop karusel menambah semarak suguhan tersebut. 

Seusai Kikan mentas, kini giliran vokalis yang paling dinanti, Achmad Albar, tampil. Backdrop berubah menjadi tirai merah layaknya interior gedung teater. Yuyun muncul dengan permainan suara, dengan efek menggema, tanpa lirik lagu. Ia membuat para penonton bertanya, lagu apa yang akan dipentaskan. Namun, begitu lelaki bernama pendek Iyek itu naik ke panggung, mereka langsung bersorak dan bernyanyi bersama lagu "Panggung Sandiwara". Musik rock pun dipadu dengan swing jazz. Musik bernuansa sedikit horor dan lengkingan suara Yuyun yang terkesan mistis menjadi bumbu pada pertengahan lagu itu.

"Itu lagu tahun 1977. Udah lahir belum?" seru Ahmad Albar dengan canda sebelum menyanyikan lagu keduanya, "Gotta Get You into My Life" dari The Beatles, yang pernah dipopulerkan lagi oleh Earth Wind & Fire.

Selanjutnya, tak kalah seru. Indra Azis, yang semula berada di deretan penyanyi latar, maju ke depan panggung untuk berduet dengan MC rapper, Dana, yang beratraksi dengan mouth beat layaknya turntable yang dimainkan oleh DJ Cream. Bagian tersebut disambung dengan tabuhan kendang oleh Erlan, mengawali intro "Manuk Dadali", yang kemudian masuk ke "Sing" (Justin Timberlake), yang dibawakan oleh vokalis Ello. Di pertengahan lagu itu, Dewi Sandra nimbrung dan menambah semarak.

"Dari semua kota, gue enggak pernah ngerasa sesenang main di Dji Sam Soe Cross Over di Jakarta," kata Ello sebelum lagu "Iris" (Goo Goo Dolls), "Better Man" (Robin Williams), dan "Viva La Vida" (Cold Play) meluncur sebagai penutup. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com