Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Tawarkan Ambon Night di Darwin

Kompas.com - 17/06/2010, 11:42 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Northern Territory, Australia, Tom Pauling menawarkan Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Ambon Night, di Darwin dengan tujuan mempromosikan potensi wisata pada Oktober 2010.

Wagub Maluku, Said Assagaff, Kamis (17/6/2010) mengatakan, undangan Gubernur Tom Pauling itu disampaikan kepadanya di sela-sela kunjungannya ke Darwin pada 8-10 Juni 2010.

"Pemerintah Northern Teritorry tertarik dengan wisata Maluku, terutama kesenian dan budaya sehingga menawarkan menggelar Ambon Night di Darwin," ujarnya.

Penawaran ini juga dilakukan sebagai realisasi dari kerja sama kota kembar (sister city) Darwin-Ambon yang telah dijalin sejak puluhan tahun lalu.

"Pemerintah Northern Teritorry juga memiliki keterikatan moril dengan Kota Ambon karena makam tentara Persemakmuran ( tentara perang dunia II) terawat di kawasan Kapahaha, Kecamatan Sirimau," ujar Wagub.

Dia mengatakan tawaran Gubernur Tom Pauling itu akan dikoordinasikan dengan Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Maluku dan bupati/wali kota agar memanfaatkan peluang strategis tersebut.

"Maluku semakin dilirik potensi maupun peluang investasi, baik sektor pariwisata, migas, tambang dan perkebunan sehingga perlu dioptimalkan demi peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Wagub.

Gubernur Northern Territory juga mengundang tim sepak bola Maluku usia di bawah 18 tahun berlaga di Darwin yang dijadwalkan pada Mei 2011. "Gubernur Tom Pauling memprogramkan pertandingan persahabatan antara tim Northern Teritorry, Maluku dan Timor Leste," ujarnya.

Bahkan, Gubernur Northern Teritorry menyanggupi akan mengirimkan pesawat untuk mengangkut 25 pemain, termasuk manager dan ofisial Maluku ke Darwin bila pertandingan tersebut diselenggarakan nanti.

"Transpotrasi dan akomodasi selama di Darwin ditangggung pemerintah Northern Teritorry. Sedangkan makanan disiapkan Konsul RI di Darwin," kata Wagub Assagaff.

Dia menyambut baik undangan Gubernur Nortehern Teritorry karena ini akan dimanfaatkan sebagai uji coba tim sepak bola Maluku di bawah 18 tahun.

"Kebanggaan bagi Maluku karena diberikan kehormatan untuk bertanding dengan kesebelasan Northern Teritorry dan Timor Leste sebagai negara tetangga yang secara geografis jaraknya relayif dekat," ujar Wagub Assagaff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com