"Tanah Air Beta" Bukan untuk Buka Luka Lama

Kompas.com - 17/06/2010, 12:07 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com - Nia Zulkarnaen dan suaminya Ari Sihasale (Ale) memiliki concern terhadap nilai kebhinekaan yang ada di Indonesia. Ale menyatakan, menghargai keberagaman bangsa ini adalah wujud mencintai Indonesia.

Maka, lewat Alenia Pictures, ia mengangkat tema keberagaman ke dalam film anak-anak yang ringan dan mudah dicerna. Alenia membuat film keluarga berjudul Tanah Air Beta, tanpa bermaksud menguak luka lama akibat konflik politik Indonesia-Timor Leste.

"Kami melihat hal yang menarik usai referendum. Banyak keluarga tercerai-berai. Memang pilihan ideologi boleh beda, tapi kecintaan pada keluarga membuat mereka harus mempertahankan keutuhan keluarga. Bandingkan dengan sekarang, banyak keluarga dalam kondisi klimaks memilih untuk berpisah. Di cerita film ini, kondisi mereka tidak memungkinkan, tapi tetap berjuang untuk bersatu," kata Ale usai peluncuran film Tanah Air Beta di Planet Hollywood, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta.

Film ini bertutur tentang perjuangan hidup seorang ibu bernama Tatiana (Alexandra Gottardo) yang terpisah dari suami dan anaknya. Tatiana mengungsi ke Atambua bersama anaknya Merry (Griffit Patricia). Sedangkan anaknya Mauro (Marcel Raymond) terpaksa ditinggal bersama pamannya Paulo di Timor Leste, karena sakit.

Film ini juga didukung Asrul Dahlan, Lukman Sardi, Yehuda Rumbindi, Robby Tumewu, Tessa Kaunang.

Rencananya, 16 Agustus mendatang para pendukung film Tanah Air Beta akan kembali ke Atambua, karena akan menggelar layar tancap tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2010. (Warkot)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.