Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pendekar Gitar dalam Konser Trisum

Kompas.com - 28/06/2010, 23:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga memadati Monumen Serangan Oemoem, Yogyakarta, Senin (28/6/2010) malam, menyaksikan tiga gitaris ternama Indonesia, Dewa Budjana, Balawan, dan Tohpati yang berkolaborasi dalam Konser Trisum memeriahkan HUT k-45 Harian Kompas.

Penampilan maestro gitar kali ini merupakan yang perdana setelah selama tiga tahun mereka beristirahat. Konser kali ini tak pelak mengobati para fans yang telah lama menunggu trio tersebut kembali tampil di Jogja.

Penampilan diawali dengan harmoni ketiga gitar mereka dalam sebuah komposisi yang membuat penonton riuh bertepuk tangan. Lantunan instrumental jazz keluar memukau dari hasil kolaborasi yang baik.

Kemudian secara bergantian mereka bermain solo membawakan instrumen masing-masing. Tohpati dengan petikan lagu "Ramayana" yang disiapkan untuk album kedua mereka. Sedangkan Dewa Budjana membawakan lantunan lagu yang sangat cool dan Balawan menghadirkan instrumen yang atraktif di lagu "Mainz In My Mind".

Meskipun punya gaya yang berbeda di masing-masing lagu, tapi ketiganya tetap terasa terajut harmonis. Itulah kelebihan mereka yang mendapat tepuk tangan dari ratusan penonton.

Tak banyak bicara mereka kembali tampil trio membawakan kolaborasi yang etnik dan khas di lagu "Keroncong Kemayoran". Lalu disusul lagu "Unyil" yang mampu memancing apresiasi para penonton.

Setelah mereka unjuk unjuk kebolehan, ditampilkan pula solo bas yang apik milik Indro kartiko. selesai itu solo drum dari Eca yang menghentak dan sangat atraktif memancing decak kagum penonton.

Usai aksi solo Indro dan Eca, para pendekar gitar kembali tampil trio sekaligus menutup konser. Kerinduan fans Trisum rupanya masih belum terobati, terbukti ketika Dewa Budjana, Balawan, serta Tohpati berhenti dan cahaya panggung dimatikan, para penonton tetap berteriak "Terus...lanjut..." FIA

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com