"Sang Kapiten" Telah Berpulang

Kompas.com - 06/07/2010, 16:13 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pencipta lagu anak-anak AT Mahmud berpulang hari ini, Selasa (6/7/2010) pada pukul 13.00 WIB di kediamannya, Jalan Tebet Barat 2A No 18, Jakarta Selatan, dalam usia 80 tahun karena infeksi paru-paru.

Menurut cucu almarhum, Prasasti Nurria, kepada media, seminggu lalu sang kakek sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru dan karena stroke setahun yang lalu.

Saat ini almarhum disemayamkan di kediamannya untuk kemudian dimakamkan pada Rabu (7/7/2010) besok pukul 10.00 WIB.

Mahmud adalah anak kelima dari 10 bersaudara. Ibunya bernama Masayu Aisyah dan ayahnya bernama Masagus Mahmud. Ia diberi nama Abdullah dan sehari-hari dipanggil "Dola". Namun, sebutan nama Abdullah atau Dola kemudian "menghilang". Nama pemberian orangtua tercatat terakhir pada ijazah yang dimilikinya pada sekolah Sjoeritsoe Mizoeho Gakoe-en (sekolah Jepang) tahun 1945. Pada ijazah itu nama lengkapnya tertulis: Mgs (Masagus) Abdu'llah Mahmoed.

Di rumah, kampung, dan teman sekolah, ia lebih dikenal dengan nama Totong. Pada surat ijazah Sekolah Menengah Umum Bagian Pertama (setingkat SLTP) tahun 1950, namanya tertulis Totong Machmud. Konon, menurut cerita ibunya, ketika dirinya masih bayi, ada keluarga Sunda, yang merupakan tetangganya, sering menggendong dan menimangnya sambil berucap, "... tong! ... otong!" Sang Ibu mendengarnya seperti bunyi "Totong". Sejak itu, entah mengapa, ibunya memanggilnya dengan Totong. Nama ini diterima di lingkungan keluarga dan kerabat. Nama lengkapnya kemudian menjadi Abdullah Totong Mahmud, disingkat AT Mahmud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.