Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sang Kapiten" Telah Berpulang

Kompas.com - 06/07/2010, 16:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pencipta lagu anak-anak AT Mahmud berpulang hari ini, Selasa (6/7/2010) pada pukul 13.00 WIB di kediamannya, Jalan Tebet Barat 2A No 18, Jakarta Selatan, dalam usia 80 tahun karena infeksi paru-paru.

Menurut cucu almarhum, Prasasti Nurria, kepada media, seminggu lalu sang kakek sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru dan karena stroke setahun yang lalu.

Saat ini almarhum disemayamkan di kediamannya untuk kemudian dimakamkan pada Rabu (7/7/2010) besok pukul 10.00 WIB.

Mahmud adalah anak kelima dari 10 bersaudara. Ibunya bernama Masayu Aisyah dan ayahnya bernama Masagus Mahmud. Ia diberi nama Abdullah dan sehari-hari dipanggil "Dola". Namun, sebutan nama Abdullah atau Dola kemudian "menghilang". Nama pemberian orangtua tercatat terakhir pada ijazah yang dimilikinya pada sekolah Sjoeritsoe Mizoeho Gakoe-en (sekolah Jepang) tahun 1945. Pada ijazah itu nama lengkapnya tertulis: Mgs (Masagus) Abdu'llah Mahmoed.

Di rumah, kampung, dan teman sekolah, ia lebih dikenal dengan nama Totong. Pada surat ijazah Sekolah Menengah Umum Bagian Pertama (setingkat SLTP) tahun 1950, namanya tertulis Totong Machmud. Konon, menurut cerita ibunya, ketika dirinya masih bayi, ada keluarga Sunda, yang merupakan tetangganya, sering menggendong dan menimangnya sambil berucap, "... tong! ... otong!" Sang Ibu mendengarnya seperti bunyi "Totong". Sejak itu, entah mengapa, ibunya memanggilnya dengan Totong. Nama ini diterima di lingkungan keluarga dan kerabat. Nama lengkapnya kemudian menjadi Abdullah Totong Mahmud, disingkat AT Mahmud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com