Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Lagu Religius Tompi

Kompas.com - 28/07/2010, 22:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Penyanyi Tompi membuka perjalanan baru dalam kariernya di industri rekaman. Inilah kali pertama bagi penyanyi solo bernama asli Teuku Adi Fitrian itu masuk dapur rekaman dengan membawakan karya orang lain.

Babak baru itu dia awali pada bulan Ramadhan tahun ini. Ya, penyanyi bersuara khas kelahiran kota 'Serambi Mekkah' ini memilih membawakan dua buah lagu milik grup band pendatang baru, Fazan band.  

Apa saja dua lagu tersebut? Judulnya "Tuhan Ampuni Aku" dan "Ya Rasullulah". Kedua lagu tersebut termuat dalam album berjudul Soulful Ramadhan 2.   Ketika tawaran datang, Tompi mengaku sayang melewatkannya. Ia kepincut lagu-lagu tersebut lantaran lagu tersebut punya kekuatan lirik yang menggodanya. "Lagu 'Tuhan Ampuni Aku' memiliki lirik yang sederhana, tetapi sangat mendalam maknanya. Saya sampai merinding dan menitikkan air mata ketika mulai menggarap lagu ini," kata Tompi menceritakan kesediaannya untuk melantunkan lagu dari Fazan.

Tompi merasa tersentuh lantaran liriknya mengisahkan tentang ajal dan dosa manusia. "Dua hal ini selalu melekat pada diri setiap hamba Tuhan," ujarnya.

"Tuhan Ampuni Aku" merupakan buah karya kakak-beradik personel Fazan Band, Fikri (vokalis) dan Vivit (drummer). Tompi tak hanya didapuk menyanyikannya, tapi juga secara total terlibat penggarapan aransemen musik dan penyutradaraan video klipnya.  

Fazan band berasal dari Yogyakarta. Selain digawangi Fikri dan Vivit, band bentukan tahun 2006 itu juga diperkuat oleh Endro (bas) dan Harun (gitar). Empat remaja ini semuanya berstatus sebagai santri di sebuah pondok pesantren kecil di pinggiran kota Yogyakarta.

Keterlibatan Tompi di album Fazan akan menjadi pertaruhan. Mampukah nama besar Tompi membawa para santri itu menembus sukses di industri musik Tanah Air? "Terus terang kami tentu sangat menginginkan musik kami bisa diterima lebih luas. Semoga keterlibatan Tompi memberi peluang itu," ujarnya. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com