Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika: Ilmu Melucu

Kompas.com - 03/08/2010, 06:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mengisi seminar dengan misi memberikan inspirasi menulis bagi anak-anak muda tak membuat penulis buku Raditya Dika (25) berpatut-patut ria. Dengan baju kasual, tutur kata apa adanya, dan santai, penulis buku Kambingjantan ini total mengontrol jalannya seminar.

”Emang lu susah ya cari pacar?” tanya Radith ketika ditanya peserta soal tips melucu agar bisa menggaet perempuan. Jawaban khas yang menyambar seperti itu berulang kali ia lontarkan, membuat auditorium Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, itu gergeran.

”Saya sebenarnya orangnya serius. Semua yang saya sampaikan tidak ditujukan untuk melawak,” ungkapnya. Seminar itu dalam rangkaian ”UI Creative Industry Expo” kerja sama Kompas Kampus dan Nescafe yang digelar Sabtu (31/7).

Walau demikian, Radith mengingatkan hal remeh-temeh itu ada ilmunya. ”Saya mempelajarinya,” katanya.

Ia getol melahap buku-buku terkait filosofi komedi segala. Dengan latar belakang itu, Radith bisa memformulasikan bagaimana menyampaikan tulisan dengan menarik.

Ditanya bagaimana menghadapi mood menulis yang hilang, dia menjawab, ”Tetap paksa menulis. Hasilnya memang jelek, tapi daripada tidak sama sekali, tulisan jelek bisa diedit lagi.” (AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com