Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma-Bambang Resmi Unggul

Kompas.com - 05/08/2010, 18:21 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com- Hasil rekapitulasi penghitungan ulang pemilihan Wali Kota Surabaya, Kamis (5/8/2010), akhirnya menunjukkan bahwa Tri Rismaharini-Bambang DH unggul. Namun, penetapan pemenang masih harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga yang memerintahkan pemungutan dan penghitungan suara ulang.

Dalam rekapitulasi tercatat 933.542 dari 2,14 juta pemilih menggunakan hak suara. Dari pemilih yang menggunakan haknya, hanya 900.470 suara yang sah dapat dihitung. Risma-Bambang mendapatkan 367.472 suara sah atau 40,8 persen. Pesaing terdekatnya, Arif Afandi-Adies Kadir mendapatkan 329.082 suara atau 36,5 persen.

Tiga pasangan lain mendapat suara jauh di bawah mereka. BF Sutadi-Mazlan Mansyur mendapat 52.718 suara, Fandi Utomo-Yulius Bustami mendapatkan 110.736, dan Fitradjaja-Naen Soeryono mendapatkan 45.462 suara sah.

Ketua KPU Surabaya Eko Sasmito mengatakan, hasil rekapitulasi akan dilaporkan ke MK. Selanjutnya MK akan menetapkan apakah penghitungan suara sudah benar atau tidak. Jika MK menetapkan sudah benar, maka KPU akan membuat surat tentang penetapan calon terpilih berdasarkan keputusan MK.

Untuk diketahui, Bambang DH adalah Wali Kota Surabaya dalam dua periode terakhir. Ia kini mencalonkan sebagai Wakil Wali Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com