Carla Bruni Dicap "PSK" oleh Iran

Kompas.com - 30/08/2010, 10:01 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

KOMPAS.com - Carla Bruni-Sarkozy dicap sebagai "Pekerja Seks Komersil" oleh Iran yang tidak terima dengan kecaman ibu negara Perancis atas ancaman hukuman rajam Teheran terhadap seorang perempuan yang dituduh berzina. Bruni terlibat dalam kampanye untuk menyelamatkan Sakineh Mohammadi-Ashtiani, seorang ibu berusia 43 tahun.

Sakineh dituduh telah selingkuh selain membantu upaya pembunuhan terhadap suaminya dan saat ini dihadapkan pada ancaman hukuman mati. Bruni yang resmi menjadi istri ketiga Presiden Nicolas Sarkozy 2 tahun lalu telah menandatangani petisi yang menyerukan pembebasan ibu dengan 2 anak ini.

Pekan lalu mantan supermodel ini menyatakan: "Saya tidak bisa menerima vonis hukuman yang mengerikan itu, apapun alasan hukum yang berada di baliknya."

Pada upaya pembelaan terhadap Sakineh yang disampaikan dalam sepucuk surat terbuka, Bruni menulis: "Mengapa harus menumpahkan darah dan menyingkirkan anak-anak dari ibunya? Apakah karena kamu telah hidup, telah mengasihi, karena kamu hanya seorang perempuan, dan karena kamu warga Iran? Saya menolak mentah-mentah ini semua."

Namun, Kayhan, harian yang menjadi corong bagi pemerintah ultra konservatif Iran, menuduh Bruni telah bersikap munafik. Dalam ulasannya, Kayhan mengurai kilas balik kisah asmara Bruni yang melibatkan sejumlah hubungan dengan selebritis papan atas.

Kayhan menyebut upaya pembebasan Sakineh yang dilakukan istri Sarkozy bersama Isabelle Adjani, sahabat Bruni sekaligus aktris Perancis, dengan judul cibiran pada artikelnya "Beberapa PSK Perancis bergabung untuk mengampanyekan pembelaan HAM."

Pihak Istana Elysee belum menyampaikan pernyataan resmi sehubungan dengan penghinaan yang dilancarkan media Iran terhadap ibu negara Perancis. Namun, sebuah sumber istana menyebutkan Bruni sangat terguncang dengan kecaman ditujukan terhadap kehidupan pribadinya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.