Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Keong Racun" Akan Semarakkan TMII

Kompas.com - 02/09/2010, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut pekan raya Lebaran yang sebentar lagi akan dirayakan oleh umat Islam, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menyelenggarakan Gempar Semarak Lebaran 2010. Di acara ini akan dihadirkan beragam kegiatan, mulai dari pameran, pertunjukan musik, hingga pergelaran kesenian dan kebudayaan daerah.

"Untuk nyambut Lebaran tahun ini, kami punya program Gempar Semarak Lebaran. Acaranya berisi pameran, bazar, pertunjukan musik, pergelaran kesenian tradisional, dan pergelaran kebudayaan daerah," ucap Jaya Purnawijaya, Manajer Informasi TMII kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2010) di kantor TMII, Jakarta.

Tema Gempar Semarak Lebaran 2010 tersebut, kata Jaya, memang sesuai dengan ragamnya acara yang disediakan oleh pihak TMII. Band Indonesia seperti D'Masiv dan artis-artis dangdut seperti Anisa Bahar dan Keong Racun akan mengisi pertunjukan musik di Gempar Semarak Lebaran yang akan berlangsung dari 10-19 September 2010.

"Ini memang bagaimana pengunjung menikmati Lebaran dari tanggal 10-19 September itu dengan menemukan minatnya, bisa bebas memilih hiburan apa yang diinginkan. Makanya, di setiap sudut hampir ada atraksi wisata," tutur pria berusia 45 tahun tersebut.

Selama Gempar Semarak Lebaran nanti, kata Jaya, setiap anjungan daerah akan menampilkan kebudayaan dan kesenian tradisional daerah masing-masing, seperti Anjungan DKI yang pada Sabtu (11/9/2010) akan menampilkan kesenian Topeng Betawi Sinar Jaya (Sangkrini) dan orkes Melayu grup Prabu.

Selain itu, juga terdapat aktraksi wisata yang memang sudah ada di wahana-wahana unggulan seperti Snowbay Waterpark.

"Nanti juga akan ada pameran mumi yang akan hadir dalam bentuk replika sebesar tiga meter, King Cobra, dan beragam pameran unik lainnya," kata Jaya.

Dia mengatakan, pengamanan selama Gempar Semarak Lebaran nanti akan dipersiapkan dengan menambah personel pengamanan menjadi sekitar 400 pengaman, di antaranya berasal dari Koramil, Polsek, dan Tramtib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com