Mengapa Yoga Membantu Diet Anda?

Kompas.com - 03/09/2010, 21:09 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Yoga menjadi pilihan latihan kebugaran yang tak hanya membuat tubuh tetap sehat, namun juga membuat tubuh lebih langsing. Seperti yang dialami Nova Eliza. Berkat yoga dan pilates, perempuan pemilik pusat kebugaran Bodylicious Yoga & Pilates ini berhasil menyusutkan bobot hingga 20 kg. Mengapa Yoga begitu ampuh dan tepat menjadi bagian program diet Anda?

Jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Dietetik Amerika (The American Dietetic Association) mengungkapkan orang yang melakukan yoga secara rutin memiliki massa tubuh yang lebih rendah. Dampak lainnya dari yoga adalah para yogis atau orang yang melakukan yoga memiliki pikiran yang lebih tenang, termasuk dalam menyantap makanan.

Salah satu jenis gerakan yoga, yakni Anusara, fokus pada keseimbangan dan konsentrasi. Jika Anda melakukan latihan ini secara rutin, masuk diakal jika kemudian Anda bisa lebih mengontrol pikiran yang mempengaruhi pola makan.

Dalam jurnal juga disebutkan, yogis lebih terbantukan dengan merasa lebih cepat puas saat makan meski tak banyak melahap makanan. Penyebab utamanya karena latihan yoga membantu seseorang untuk menyelaraskan pikiran dengan tubuhnya. Peneliti dari Asosiasi Dietetik Amerika mengatakan kemampuan menyelaraskan tubuh inilah yang menjadi kunci seseorang lebih mampu mengontrol dirinya, termasuk membantu tubuhnya merasakan kenyang lebih cepat saat makan. 

Setiap gerakan dalam yoga, melatih tubuh Anda untuk meningkatkan toleransi terhadap ketidaknyamanan. Sejumlah pose yoga, membutuhkan daya tahan dan kemampuan untuk tetap konsisten menjalankannya dengan baik dan benar. Misalnya bertahan dengan pose sulit selama enam menit. Latihan seperti ini melatih diri menjadi lebih tangguh.

Jika Anda sanggup menahan pose sulit dalam waktu yang lama, tak sulit juga untuk menahan diri makan cakes, brownies, atau makanan manis lain yang membuat lemak semakin menumpuk bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.