Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ihsan "Idol" Terkesima Kiai Ahmad Dahlan

Kompas.com - 04/09/2010, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebelum terlibat peran dalam film Sang Pencerah, vokalis jebolan Indonesian Idol, Ihsan Tarore mengaku mengenal Kiai Ahmad Dahlan sebagai pahlawan yang diabadikan namanya sebagai nama jalan.

 

"Sejujurnya aku baru tahu sosok Ahmad Dahlan dari film ini, sebelumnya aku cuma tahu dari nama jalan saja," kata Ihsan saat ditemui usai jumpa pers film Sang Pencerah di FX, Jakarta Selatan, Jumat (3/9/2010) malam.

 

Tapi begitu Ihsan berkesempatan memerankan karakter Ahmad Dahlan muda yang dikenal dengan nama Mohammad Darwis, ia mengaku terkesima. "Sosok yang Ihsan perankan adalah sosok yang luar biasa yang sudah mulai dilupakan anak muda zaman sekarang. Ahmad Dahlan berjuang sejak usia muda, dia berpikir ngasih sesajen itu salah, tapi dia belum punya alasan buat menyanggah sampai dia pergi haji dan belajar di Mekkah," ulas Ihsan.

 

Karena figur karakter yang diperankannya terlalu berat, tak jarang Ihsan merasa terbebani. "Awalnya sih beban, takut salah mengintepretasikan beliau (Ahmad Dahlan), tapi meyakinkan diri sendirilah apalagi ini di-direct Mas Hanung. Aku coba yakinin diri ayo Ihsan bisa," ungkap pria yang juga pernah memerankan Jusuf Kalla muda.

 

Daripada berlarut menjadi beban, Ihsan dengan serius mendalami karakter yang diperankannya. "Banyak belajar juga dari semua aktor dan Mas Hanung, kalau belajar bahasa Jawa kebetulan ibu orang Jawa, jadi di film ini tinggal diperdalam lagi, film ini juga kan di Jogja jadi nuansanya kebawa. Kalau bahasa Arab belajarnya dua minggu dengan guru khusus," kata Ihsan.

 

Hasilnya? "Alhamdulillah take-nya sekali, dan enggak begitu sulit untuk menghapalnya," imbuh Ihsan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com