Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Social Network", Film Tentang FB

Kompas.com - 21/09/2010, 05:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--"Rasanya menggelikan ikut-ikutan mempublikasikan film tentang Facebook yang sulit dinikmati orang, 'The Social Network', namun ironisnya dibahas luas oleh (majalah) The New Yorker, (Harian) New York Times, dan kini majalah New York," kata Isaac Chotiner, Editor Eksekutif buku "An Online Review" seperti dikutip The New Republic (18/9).

Nukilan The New York yang ditulis oleh Mark Harris misalnya, melulu menggambarkan sosok Aaron Sorkin, sang penulis film jejaring sosial terpopuler dunia itu.

Sorkin dikenal sebagai penulis naskah film "The West Wing" dan "A Few Good Men" yang dibintangi Tom Cruise dan Jack Nicholson.

Kendati sulit melukiskan gambaran negatif mengenai pria yang menulis dua film apik itu, tapi gambaran Aaron mengenai film jejaring sosialnya itu amat absurd.

Kontroversi terbesar dari "The Social Network" adalah keakuratannya dalam menggambarkan sosok Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook, yang diklaim mencuri gagasan dari sahabat dan teman-teman sekampusnya dulu.

Sorkin kentara sekali mendorong orang untuk memahami film yang tidak terlalu berdasarkan pada fakta itu, misalnya dalam menggambarkan Zuckerberg, dalam narasi berikut.

Saat Sorkin dan [David] Fincher (direktur Facebook) berselisih, itu melulu soal detail visual atau tekstual yang digunakan Sorkin dalam menegaskan kewenangan sang dramatis dalam membesar-besarkan sesuatu, tulis Mark Harris.

Fincher menentang hal itu ketika mereka berdua mengetahui fakta-fakta yang semestinya mereka teguhkan.

"Saya lebih memilih melawan David," kata Sorkin, "Karena saya ingin menuntaskan masalah itu dengannya. Yang bermasalah dari akurasi adalah murni akurasi itu sendiri, dan bisakah kita tak memiliki kebenaran dari kebaikan musuh?"

Sorkin menyebut Internet sebagai perangkat iblis penyebar informasi terkaburkan, misalnya ketika mengutipkan statistik opini publik AS bahwa 'satu dari empat orang Amerika tidak percaya Barack Obama lahir di Amerika.'

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com