Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damien Dematra: Kasus HKBP Dipolitisasi

Kompas.com - 21/09/2010, 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dugaan adanya motif politik dalam kasus penusukan pemuka agama Gereja Huria Kristen Batak Protestan di Ciketing, Bekasi, semakin kuat. Diduga ada kelompok yang merasa diuntungkan jika permasalahan ini tidak diselesaikan.

Koordinator Nasional Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) Damien Dematra mengungkapkan, ia menduga ada skenario politis yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Hal itu semakin kuat setelah ia bertemu langsung dengan pihak yang sengaja menginginkan agar kasus tersebut tetap menemui jalan buntu.

"Saya sudah bertemu langsung dengan orang yang menginginkan agar kasus ini tidak diselesaikan," kata Damien dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/9/2010). "Kemarin analisa kita yang menyatakan bahwa kasus ini adalah sebuah skenario yang sengaja membenturkan umat beragama itu terbukti," tambahnya.

Dalam pertemuan di Jakarta itu, kata Damien, GPP justru mendapat ancaman jika mereka membantu menyelesaikan masalah HKBP ini. Meski demikian, Damien menolak menjelaskan identitas dan motivasi orang yang ingin memolitisasi masalah ini. Ia memastikan bahwa pihak yang ingin memperkeruh suasana ini bukan komunitas agama, melainkan komunitas politik nonpartai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com