Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferdy "Element" Bikin Rocker Tersesat

Kompas.com - 07/10/2010, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Cukup lama menghilang, vokalis Ferdy "Element" akhirnya kembali ke panggung musik. Tapi kali ini ia tak lagi bersama grup band yang membesarkan namanya itu, melainkan membentuk grup band baru yang diberi nama Rocker Kasarunk.  

Kasarunk diambil dari bahasa Sunda, Kasarung, yang artinya tersesat atau kesasar. Nah, Rocker Kasarunk, grup yang didirikan Ferdy bersama rekan barunya, Acoy (gitar), Fikri (raper), Christian (drum), dan Ricky (bas), bila diterjemahkan berarti rocker yang tersesat.   

Bukan tanpa alasan, Ferdy dan kawan-kawannya melabeli grup bandnya dengan nama tersebut. Sebab, "ketersesatan" mereka bisa dilihat saat mereka membawakan lagu milik mereka di atas panggung.

"Genre musik kami rock n roll, tapi tidak sepenuhnya seperti itu," ujar Ferdy ditemui di sela pembuatan video klip pertama mereka,  "Bisa Gila"  di  Legian, Bali, Kamis (7/10/2010).  

Ya... ya, Rocker Kasarunk bukanlah rock n roll murni, tapi kata Ferdy, mereka  mencoba meraciknya dengan sentuhan musik modern di mana memasukkan unsur musik industrial, looping, serta memadukannya dengan rap dan sentuhan pop di setiap refrain-nya.   

Hal tersebut, terasa dalam single pertama mereka. Di awal lagu "Bisa Gila", nuansa musik industri yang energik terasa memompa dengan dentuman drum yang menghentak dan rapat, namun pada bagian refrain "Bisa Gila" langsung berbelok pada nada lagu pop yang cenderung lamban.   Apa yang mendasari Ferdy membentuk band baru ini? "Awalnya saya buat lagu untuk materi film (soundtrack), karena butuh nama (band) ya akhirnya saya dan teman-teman sepakat bikin nama. 'Saya bilang kalau kita kasih Rocker Kasarung," kata Ferdy.

"Biar agak beda, Kasarung kita ganti huruf g-ya dengan huruf k," tambah Fikri (raper).   Ferdy, yang pernah mencicipi menjadi aktor di film Bukan Cinta Biasa, mengaku keterlibatannya dalam proyek Rocker Kasarunk ini bukan menandakan Element telah bubar.

"Kita masih punya kontrak satu album dengan Warner Music Indonesia. Kalaupun vakum lebih karena kesibukan masing-masing personelnya. Didi dengan kegiatan basket, Fajar ngurusin Afgan dan Wanna Be-nya,' ujarnya.

Soal pilihan melirik musik rock n roll di proyek grup band barunya ini, Ferdy mengaku karena ia punya kegairahan bermusik yang tak mungkin dimunculkan di Element. "Ada sisi lain yang harus dikeluarkan, kalau enggak nanti malah bisa jadi jerawat," seloroh Ferdy.

Setelah memperkenalkan single "Bisa Gila" lewat video klipnya nanti, Rocker Kasarunk juga aka segera merilis single "Cinta Selamanya", yang akan menjadi soundtrack untuk film Bikers in Love, yang proses scoring dan soundtrack-nya dipercayakan kepada Ferdy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com