Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Lukisan Abad 19 Milik Demi Moore

Kompas.com - 14/10/2010, 01:27 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com--Aktris Demi Moore mengungkapkan sisi baru sifatnya, sebagai pencinta seni, dan berencana untuk menjual dua lukisan Eropa Abad 19 dari koleksinya pada November, dengan perkiraan akan menghasilkan 1,7 juta dolar AS.

Auctionee Sotheby’s menyatakan dua lukisan dari koleksi Demi Moore, karya artis Prancis William Bouguereau dan pelukis Belgia Alfred Stevens, akan ditawarkan pada lelang seni Eropa Abad 19 di New York pada 4 November.

"Aku mendapati William Bouguereau memiliki ikatan kuat dengan aku secara pribadi dan telah memilih untuk mempertahankan potongan yang lebih kecil untuk menemaniku selama bertahun-tahun," kata Demi Moore (47) di dalam satu pernyataan.

"Aku mencintai kombinasi tema mitologi, objek klasik dan gaya penggambaran realistisnya. Ada kelembutan, ketenangan, terutama di dalam caranya menggambarkan perempuan, yang ditambah dengan kekuatan luar biasa yang telah mengilhami aku," kata aktris tersebut.

Demi Moore, yang menikah dengan aktor Ashton Kutcher, mengatakan dia telah memiliki kedua lukisan itu selama 15 tahun, dan membelinya saat lelang dengan harga 178.500 dan 200.500 dolar AS, tapi memutuskan sudah tiba waktunya bagi perubahan sebab rumahnya sedang diperbaiki.

Lukisan "Frere et Soeur", karya William Bourereau, adalah karya yang diilhami oleh perjalanan pelukis itu di Italia, setelah ia menang dalam Prix de Rome pada 1850 dan diperkirakan akan laku dengan harga di atas 1,5 juta dolar AS.

Lukisan "Mere et ses Enfants", karya Alfred Stevens, adalah variasi lukisan yang diberi judul "The Widow and her Children", Alfred membuat lukisan itu berdasarkan izin dari pemerintah Belgia. Lukisan tersebut diperkirakan akan terjual dengan harga antara 150.000 dan 200.000 dolar AS.

Kedua lukisan itu adalah bagian dari lelang 4 November yang menawarkan 82 karya seni dengan perkiraan awal pra-penjualan, secara keseluruhan, sekitar 20-30 juta dolar AS.(ANTARA/Reuters Life!)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com