Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elton John: Penulis Lagu Kini Mengerikan

Kompas.com - 20/10/2010, 00:44 WIB

LONDON, KOMPAS.com--Penyanyi Inggris Elton John, dalam wawancara yang disiarkan Selasa (19/10), menggambarkan penulis lagu saat ini sebagai penulis musik pop yang "sangat mengerikan", tak memberi inspirasi dan membosankan seperti tayangan realiti pencari bakat "American Idol".

Penyanyi "Your Song" dan "Candle in the Wind" yang berusia 63 tahun tersebut, salah seorang artis pop paling berhasil sepanjang waktu, menambahkan ketenaran mendadak yang dapat diberikan oleh tayangan pencari bakat tak bisa jadi cara untuk menjadi bintang sejati.

"Penting bahwa mereka (para bintang pop) menulis sendiri lagu mereka, sehingga mereka tidak menggantungkan keberuntungan pada orang lain," kata Elton kepada majalah Radio Times. Penyanyi tersebut memiliki nama asli Reginal Dwight.

"Para penulis lagu hari ini sangat mengerikan. Itu sebabnya hasilnya terdengar sama. Pop kontemporer tak terlalu memberi ilham," katanya.

Ia mengatakan dia dulu adalah penggemar perempuan bintang pop muda Lily Allen, Amy Winehouse dan Lady Gaga.

Tapi Elton menambahkan, "Aku bukan penggemar tayangan pencari bakat. Aku barangkali takkan bertahan lama seandainya aku berasal dari tayangan semacam itu. Aku pernah diminta untuk jadi juri "American Idol". Aku tak bisa melakukan itu sebab aku tak mau mengecam siapa pun."

"Selain itu, aku juga tak mau ada di televisi. Itu membosankan, bikin otak jadi buntu."

Ia mengatakan juri "X-Factor" dan produser musik Simon Cowell telah menemukan sebagian orang yang berbakat melalui tayangannya, "tapi satu-satunya cara untuk mempertahankan karir ialah membayar kewajibanmu di ... klub kecil".

"Aku bergabung dengan grup band dalam usia 17 tahun menjadi penulis lagu bersama Bernie Taupin dan tak berhasil sampai kami melewati enam tahun masa sulit dan kekecewaan, serta saat yang menggembirakan.

"TV melontarkan kamu ke puncak ketenaran dan kemudian kamu harus kembali ke sana, padahal itu berat. (Para pemenang "X-Factor" Inggris) Leona Lewis dan Alexandra Burk berada pada belas kasihan lagu berikut yang bisa mereka peroleh," katanya.

"(Runner-up "Britain’s Got Talent") Susan Boyle berada dalam fenomena yang menguntungkan, tapi aku khawatir dia mungkin tak memahami dinamika bisnis hiburan," tambah Elton John.

Elton berencana meluncurkan album terbarunya pekan ini, "The Union", dan berkolaborasi dengan pahlawan musiknya Leon Russell, serta main di BBC Electric Proms di London pada 28 Oktober.(ANTARA/Reuters Life!)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com