Sering Ganti Warna Rambut Pertanda Sesuatu

Kompas.com - 20/10/2010, 09:53 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Rihanna, Gwen Stefani, Ashlee Simpson, dan banyak lagi selebriti Hollywood yang sering mengganti warna rambutnya. Bukan permasalahan bosan melihat dandanan setiap kali berkaca, ada hal lain yang mencetusnya.

Ternyata, perubahan warna rambut mengisyaratkan sebuah pesan tersendiri. "Jika Anda mewarnai rambut menjadi sebuah warna yang mencolok, hal tersebut menjadi semacam pemberitahuan kepada orang lain, bahwa Anda adalah tipe orang yang senang tantangan, tidak bisa diatur, dan berbeda," jelas LeslieBeth Wish, psikolog dari National Association of Social Workers.

Bermasalah
Siapapun, baik selebriti maupun bukan, yang sering mengubah warna rambutnya bisa jadi sedang memiliki masalah dengan identitas diri dan nilai-nilai dalam dirinya, karena itu mereka ingin mencoba imej baru.

"Seorang perempuan secara tak sadar berpikir bahwa ia ingin melihat reaksi dari orang lain. Sangat jamak bagi seseorang yang mewarnai rambutnya akibat terjadinya perubahan dalam hidup mereka, seperti perceraian," jelas Beth. Alasan lain adalah karena kehilangan pekerjaan atau menandai usia ulang tahun tertentu.

Menurut dr Robin Kerner, psikolog di St Luke's-Roosevelt Hospital, kita tak bisa mengkontrol banyak hal dalam hidup ini, namun Anda bisa mengubah dan mengkontrol warna rambut kit. Jadi, ketika segala hal dalam hidup ini terasa berantakan dan di luar kendali, Anda bisa mengemas diri dalam bentuk lain, dan menarik perhatian orang lain terhadap hal yang lebih jelas terlihat ketimbang hal lain dalam hidup Anda.

Contoh artis yang sering mengubah warna rambutnya, misalnya Lindsay Lohan dan Rihanna, yang dikenal memang memiliki masalah. Lindsay dengan imej dirinya, sementara Rihanna  memiliki trauma dalam hidup.

Perempuan yang sering ingin mengubah warna rambutnya bisa jadi melihat pewarnaan rambut sebagai perubahaan yang mudah dilakukan. Mengubah warna rambut jauh lebih mudah dan bisa diperbaiki ketimbang mengubah potongan rambut yang butuh waktu lama untuk tumbuh panjang lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.