Ramping di Usia 40-an

Kompas.com - 22/10/2010, 16:10 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Di usia 40-an, perempuan sudah mulai kehilangan 10 persen dari massa ototnya. Alhasil, jika di 10 tahun sebelumnya tubuh bisa membakar sekitar 100 kalori per hari, sekarang sudah tidak lagi. Tambahan lagi, Anda mendekati usia mendekati perimenopause. Artinya, Anda akan menemukan masalah di bagian tengah tubuh. Di usia ini, memang akan ada banyak penumpukan lemak di bagian tengah perut, pinggul, dan paha. Begini cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kestabilan ukuran tubuh Anda:

* Tak ada yang lebih baik dari berolahraga
Metabolisme yang melambat mulai membuat Anda sulit untuk menghilangkan bobot tubuh berlebih, jadi Anda harus menambah beban latihan dan memastikan Anda melakukan latihan penguatan tubuh sekitar 2-3 kali per minggu, begitu saran Kathy Kaehler, pelatih kebugaran pribadi para artis Hollywood yang juga penulis Fit and Sexy for Life.

Lakukan latihan kardio yang cukup banyak, seperti bersepeda, setidaknya 40 menit selama beberapa hari seminggu. Menurut penelitian di University of Alabama, jika melakukan hal ini, Anda akan membakar banyak kalori, dan metabolisme tubuh Anda akan terdorong hingga 19 jam sesudahnya.

* Secara keseluruhan
Dengan makin sedikitnya asupan kalori, Anda akan makin memperkecil kesalahan. Masukkan menu yang terbuat dari gandung utuh, seperti beras merah dan sereal dari gandum utuh, yang akan mengenyangkan Anda tanpa menambah banyak kalori, ujar Bonnie Taub-Dix, RD, penulis Read It Before You Eat It.

* Penguatan bagian tengah tubuh

Karena bagian perut, pinggul, dan paha adalah masalah terumum mereka yang berusia 40-an, maka disarankan untuk melakukan olahraga yang berpusat pada area tersebut dengan melakukan gerakan jump-squat (lihat gambar). Lakukan 3 set dengan masing-masing 15 kali pengulangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.