Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soulnation 2010 Hari Pertama Milik Simply Red

Kompas.com - 29/10/2010, 23:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Hari pertama Java Soulnation 2010, yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (29/10/2010) malam, boleh jadi milik band soul Inggris, Simply Red.

Ya, festival tahunan musik soul, R&B, hingga hip hop itu begitu menyita perhatian penonton saat band yang diawaki oleh vokalis Mick Hucknall itu naik ke panggung untuk melengkapi rangkaian tur konser perpisahan mereka.

Tanpa banyak basa-basi, band yang terbentuk sejak 1983 itu langsung menggulirkan lagu-lagu andalannya, termasuk "You Make Me Feel Brand New" yang mengajak sekitar 3.000 penonton Java Soulnation 2010 bernyanyi bersama.

Aksi panggung tak menjadi monopoli Hucknall. Giliran lagu "For Your Babies", Kenji Suzuki (gitar) dan Wilson (keyboard) tampil mendominasi lewat permainan gitar akustik dan sentuhan melodi harmonis pada tuts-tuts keyboard.

Saat melanjutkan urutan lagu di repertoar, Simply Red sudah menyiapkan "Holding Back The Years" dan sebuah hit single mereka pada pertengahan 1990, "Stars". Sementara itu, "It's Only Love" menyusul.

Berikutnya, dari bagian intro melalui permainan bas Steve, penonton sudah bisa menebak jika Simply Red bakal memanjakan mereka dengan lagu "Sunrise". Simply Red memang benar-benar tahu cara membuat penggemarnya betah untuk menyaksikan penampilan mereka. "Oke, kita kembali ke album kami di 1995. Ini dia 'Come To My Aid'," ujar Hucknall.

Sentuhan brass section pun ikut menjadi bumbu lagu ini. Masuk ke klimaks pertunjukan, Simply Red secara runut menyajikan "Your Mirror" dengan bumbu musik cha-cha yang membuat penontonnya bergoyang salsa, hingga bernostalgia dengan "Something Got Me Started". Histeria spontan tercipta seusai tiga lagu tersebut.

"We want more, we want more...," pinta penonton kepada Simply Red untuk menyuguhkan encore pertunjukan mereka. Gayung pun bersambut, Hucknall memberi yang penonton inginkan. "Kalian sungguh fantastis malam ini. Ini konser perpisahan yang luar biasa. Selanjutnya, kalian pasti menginginkan lagu ini," seru Hucknall sebelum "If You Don't Know Me By Now" memungkaskan farewell party Simply Red.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com