Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemhub Siapkan Landasan di Pagai Selatan

Kompas.com - 01/11/2010, 21:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan menyiapkan landasan pesawat di Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, agar bantuan untuk para korban bencana dapat masuk secara mudah ke daerah tersebut.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/11/2010) mengatakan bahwa di Pagai Selatan memang ada bekas landasan yang bisa digunakan untuk mendarat pesawat jenis Twin Otter.

"Kita lihat di Pagai Selatan itu ada bekas landasan memang. Saya sudah meminta mereka untuk meng-clear up, membersihkan," ujarnya.

Menurut Freddy, panjang landasan yang sudah disiapkan sementara ini sepanjang 600 meter dan masih dilakukan penelitian agar bisa segera digunakan dalam waktu dekat.

"Sekarang sedang dilakukan penelitian skala besar. Saya masih menunggu gambar-gambarnya karena hari ini baru dikasih masuk untuk kita evaluasi," jelasnya.

Dengan adanya landasan, kata Freddy, diharapkan barang bantuan yang memasuki Kepulauan Mentawai dapat lebih banyak karena helikopter yang selama ini diandalkan hanya memiliki daya angkut yang terbatas.

"Karena tujuan kita untuk membawa logistik itu besar. Helikopter yang digunakan terbatas untuk mengangkut itu," ujarnya.

Sementara itu, Freddy mengatakan, Kementerian Perhubungan akan terus memantau operasional Bandar Udara Adisucipto di Yogyakarta dan Bandar Udara Adi Sumarmo di Solo, Jawa Tengah, karena bencana letusan Gunung Merapi.

"Dua-duanya harus dipantau, karena kalau sampai debu itu masuk ke pesawat, terutama ke mesin, itu sangat berbahaya," demikian Freddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com