Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Butuh Makanan Siap Saji

Kompas.com - 05/11/2010, 13:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bantuan bagi para pengungsi di Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, tidak tersebar secara merata. Banyak posko-posko pengungsian yang masih kekurangan bantuan.

Menurut Goro Hendratmo, Koordinator Relawan Posko Van Lith, Muntilan, bantuan bagi pengungsi sebaiknya dapat disebar lebih merata lagi.

"Bantuan itu bukan kurang, tetapi tidak merata. Di satu posko sangat cukup, tetapi di posko lain kekurangan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com via telepon, Jumat (5/11/2010).

Ia menambahkan, yang paling dibutuhkan para korban letusan Gunung Merapi di Muntilan saat ini adalah makanan siap saji.

Ini disebabkan karena relawan kewalahan menghadapi pengungsi yang jumlahnya ribuan. "Sekarang ini kita butuh nasi bungkus, Mas. Kalau untuk ke depannya yang kita butuhkan itu sembako dan dapur umum karena kita tidak mungkin beli makanan jadi di sini, tidak ada yang jual makanan. Kita juga butuh dokter dan semoga ada trauma healing bagi anak-anak karena kondisi di sini sudah parah," jelas Goro.

Letusan Merapi ini membuat perekonomian di kawasan Muntilan lumpuh total. Menurut Goro, tidak ada satu pun toko ataupun pasar di Kecamatan Muntilan yang buka. Goro Mengimbau, bagi masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan untuk tidak memberi bantuan dalam bentuk uang.

"Kalau uang itu risikonya tinggi, lagipula di sini juga toko tidak ada yang buka. Kalau mau kirim bantuan bisa langsung dikirim ke posko-posko yang ada, seperti di PL Van Lith, Ponpes Muhammadiyah, Pastoran Gereja Muntilan, dan lainnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com