Gitaris Kumpulkan Dana Rp 534 Juta

Kompas.com - 06/11/2010, 00:06 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Konser amal bertajuk "Dari Gitaris untuk Indonesia" yang digelar Kompas di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (5/11/2010), berhasil mengumpulkan dana Rp 534.077.900. Dana tersebut akan disumbangkan untuk korban bencana erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, dan banjir bandang di Wasior, Papua Barat.

Uang terkumpul dalam kurun waktu empat jam. Selain sumbangan dari sejumlah tokoh dan pengunjung, dana yang terkumpul diperoleh dari hasil lelang gitar milik sejumlah musisi. Di antaranya, gitar elektrik bermerek Fender jenis Stratocaster milik Setiawan Jodhy, gitar John Paul Ivan, Dewa Budjana, dan Piyu yang terjual total sekitar Rp 100 juta.

Gitaris yang turut berpartisipasi dalam acara ini adalah Tohpati, Jubing, Armand Maulana, Piyu Padi, Iwan Hasan, Kin "The Fly", Diat "Yovi-Nuno", Tharas "The Rock", Irvan "Samsons", Ireng Maulana, Iman "J-rocks", Dewa Budjana, John Paul Ivan, Baron, Adrian Auditomo, Abdee "Slank", Andra Backbone, Tepi Item, Ian Antono, dan Audi Item.

Uang sumbangan sebesar Rp 534.077.900 kemudian diserahkan oleh para gitaris Indonesia kepada Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) yang diterima secara simbolis oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikard Bagun. Panitia juga masih menerima sumbangan melalui nomor rekening DKK di Bank BCA 0123021433 cabang Gajah Mada. Saat ini, DKK telah mengumpulkan dana sebesar Rp 499 juta di luar hasil konser amal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.