Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Pita Suara, Hedi Yunus Pernah Stres

Kompas.com - 15/11/2010, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hedi Sulaeman (42), yang populer dengan nama Hedi Yunus, mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengalami stres lantaran pita suaranya bermasalah. Hal itu menimpa pelantun lagu "Suratku" ini kira-kira dua tahun lalu.

"Aku pernah bermasalah dengan pita suara sekitar dua tahun lalu. Aku sempat stres," kenang vokalis band Kahitna yang juga berkarier solo ini, di Jakarta, Senin (15/11/2010).

Ketika itu, lanjut Hedi, ia kesulitan untuk bernapas, berbicara, apalagi bernyanyi. Padahal, suara merupakan harta yang tak ternilai harganya bagi seorang vokalis seperti Hedi. "Kalau ngomong mesti mikir narik napasnya bagaimana, suka capek dan langsung hilang suaranya. Kalau nyanyi dua lagu, perut langsung mengeras," ceritanya.

Pria kelahiran Bandung, 24 Agustus 1968, ini berupaya untuk menyembuhkan penyakit itu, dari ke dokter hingga ke pengobatan alternatif, namun tak berhasil. Hal itu sempat membuatnya stres.

Beruntung, dengan pengobatan alternatif lain lagi akhirnya penyakit tersebut teratasi. "Ke dokter enggak mempan, beberapa alternatif juga enggak mempan. Saya sempat stres.Tapi, akhirnya dapat alternatif yang menyatakan ada penyempitan saluran pernapasan," paparnya.

Akhirnya, Hedi melakukan perawatan secara intensif. Kini penyakit itu sudah sembuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com