Hanung Legawa "Sang Pencerah" Tak Masuk FFI 2010

Kompas.com - 15/11/2010, 19:54 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com Meski film garapannya, Sang Pencerah, tak lolos nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2010, sutradara Hanung Bramantyo mengaku tak kecewa.

Suami Zaskia Adya Mecca itu mengatakan, dia menerima seluruh keputusan FFI tersebut. "Saya menerima, itu hak FFI. Mereka juga tahu, kalau mereka melakukan penyelewengan atau enggak adil, masyarakat yang akan menilainya. Mereka juga menggunakan dana pemerintah. Saya enggak kecewa. Itu sih hak FFI," kata Hanung kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (15/11/2010).

Hanung menjelaskan, dia mendaftarkan film layar lebar Sang Pencerah dalam seleksi FFI sebagai bentuk dukungannya terhadap penyelenggaraan pemberian penghargaan tertinggi bagi insan film di Tanah Air itu. Kalaupun karya filmnya tak lolos, hal itu bukanlah soal. 

"Saya tuh mendukung FFI dengan cara saya mengirim film saya. Semua film saya kirimkan ke FFI. Untuk mendaftarkan ke FFI itu rumit lho. Mesti mengisi blanko, harus daftar. Intinya saya punya niat untuk mendukung FFI. Jadi kalau itu diterima atau tidak, ya saya mau ngapain lagi. Bisa apa saya?" paparnya.

Film yang mengangkat kisah pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, itu sempat menuai pujian dari banyak orang. Namun, komite seleksi FFI 2010 justru tidak meloloskan film ini karena dianggap tidak mampu menghadirkan komplektisitas karakter dengan semangat zaman ketika sang tokoh hidup dan benang merahnya dengan kekinian.  



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X