Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Legawa "Sang Pencerah" Tak Masuk FFI 2010

Kompas.com - 15/11/2010, 19:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Meski film garapannya, Sang Pencerah, tak lolos nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2010, sutradara Hanung Bramantyo mengaku tak kecewa.

Suami Zaskia Adya Mecca itu mengatakan, dia menerima seluruh keputusan FFI tersebut. "Saya menerima, itu hak FFI. Mereka juga tahu, kalau mereka melakukan penyelewengan atau enggak adil, masyarakat yang akan menilainya. Mereka juga menggunakan dana pemerintah. Saya enggak kecewa. Itu sih hak FFI," kata Hanung kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (15/11/2010).

Hanung menjelaskan, dia mendaftarkan film layar lebar Sang Pencerah dalam seleksi FFI sebagai bentuk dukungannya terhadap penyelenggaraan pemberian penghargaan tertinggi bagi insan film di Tanah Air itu. Kalaupun karya filmnya tak lolos, hal itu bukanlah soal. 

"Saya tuh mendukung FFI dengan cara saya mengirim film saya. Semua film saya kirimkan ke FFI. Untuk mendaftarkan ke FFI itu rumit lho. Mesti mengisi blanko, harus daftar. Intinya saya punya niat untuk mendukung FFI. Jadi kalau itu diterima atau tidak, ya saya mau ngapain lagi. Bisa apa saya?" paparnya.

Film yang mengangkat kisah pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, itu sempat menuai pujian dari banyak orang. Namun, komite seleksi FFI 2010 justru tidak meloloskan film ini karena dianggap tidak mampu menghadirkan komplektisitas karakter dengan semangat zaman ketika sang tokoh hidup dan benang merahnya dengan kekinian.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com