Gaun Kate Middleton Ditaksir Rp 1,4 Miliar!

Kompas.com - 25/11/2010, 15:12 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Kali pertama Kate Middleton menarik perhatian Pangeran William adalah ketika ia tampil dalam peragaan busana untuk amal di kampusnya, St Andrews University, delapan tahun lalu. William bahkan dikabarkan rela merogoh 250 poundsterling (sekitar Rp 3,5 juta) dari kantongnya untuk bisa meraih kursi terdepan. Kate (saat itu baru 19 tahun) hanya mengenakan gaun tembus pandang yang menampakkan bikini hitam di dalamnya.

Gaun kemban sheer itu dulu harganya hanya 30 poundsterling (sekitar Rp 423.000). Namun, menurut desainernya, Charlotte Todd, harga gaun itu telah meningkat menjadi 100.000 poundsterling (Rp 1,4 miliar) sejak pasangan itu mengumumkan pertunangannya! Menurut sebuah rumah lelang, harga itu masih bisa meningkat 10 kali lipat jika nanti Kate menjadi ratu Inggris.

Christine Satchett dari rumah lelang Greasbys di London Selatan mengatakan, ”Dengan benda penting dari kerajaan seperti ini, orang yang mempunyai uang akan terus menawarnya. Saya memperkirakan, Kate bisa membuat seseorang membayar 10.000 poundsterling (Rp 141 juta) saat ini. Namun, dalam tahun-tahun mendatang, jika Kate mendapatkan gelar ratu, harga gaunnya bisa meningkat jadi 100.000 dollar AS. Harga itu sama dengan harga baju-baju Putri Diana.”

Meskipun busana rancangannya ditaksir begitu mahal, Todd terkesan enggan melepasnya. “Gaun itu merupakan bagian dari sejarah fashion, yaitu momen ketika kali pertama William jatuh cinta dengan Kate, dan itu membuatku sangat bangga,” tutur desainer berusia 31 tahun ini.

Jika gaun itu tidak transparan, lanjut Todd, maka William mungkin tidak akan memerhatikan Kate. “Aku yakin sekali hal itu memainkan peran dalam kisah cinta keluarga kerajaan. Ia (Kate) tampak gemerlap, dan menurutku ia bisa menjadi style icon seperti halnya Putri Diana.”

Satu-satunya orang yang akan menerima gaun itu (jika Todd melepasnya) tak lain adalah Kate sendiri. Mungkin itu bisa jadi penukar untuk undangan pernikahan. “Tentu saja, aku akan bangga kalau juga bisa mendesain gaun pengantinnya,” harap Todd.

Todd membuat gaun hitam dan emas itu ketika masih belajar fashion dan tekstil di University of the West of England, tahun 2000. Butuh waktu seminggu untuk merajut bahan sutra itu dan menambahkan pita biru untuk sebuah proyek yang disebutnya “seni merayu” itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baru dua tahun kemudian, St Andrews University meminta gaun itu untuk peragaan busana untuk penggalangan dana. Setelah show berakhir, Todd membungkus kembali gaun itu dan menyimpannya di bagian belakang lemari pakaian ibunya.

Sekadar info, Kate dan William akan menikah 29 April 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.