Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yeoh Akan Perankan Aung San Suu Kyi

Kompas.com - 08/12/2010, 03:37 WIB

Yangon, Selasa - Aktris Malaysia, Michelle Yeoh, mengunjungi Myanmar pada akhir pekan untuk membicarakan rencana untuk memainkan peran utama dalam sebuah film baru mengenai pemimpin prodemokrasi Myanmar yang baru saja dibebaskan, Aung San Suu Kyi.

Yeoh berbincang-bincang dengan Suu Kyi di sebuah ruang tunggu bandara hari Selasa saat pemimpin prodemokrasi itu mengantar putra bungsunya, Kim Aris (33), yang tinggal di Inggris dan diizinkan mengunjungi ibunya untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun setelah sang ibu baru-baru ini dibebaskan dari tahanan rumah.

Gadis James Bond

Yeoh, yang pernah jadi gadis James Bond, melewatkan hari Senin dengan Suu Kyi di rumah penerima hadiah Nobel Perdamaian itu sebagai bagian dari riset untuk sebuah film yang akan dibuat mengenai ikon demokrasi itu, kata pengacara Suu Kyi, Nyan Win. Detail mengenai film itu tidak segera diperoleh.

Yeoh—yang membintangi film James Bond Tomorrow Never Dies bersama Pierce Brosnan tahun 2007 serta film Crouching Tiger, Hidden Dragon—”mengamati Daw Suu dan mereka bersantap malam bersama Senin malam”, kata pengacara itu, menyebut Suu Kyi dengan sebutan kehormatan.

Aktris itu serta ikon demokrasi Myanmar tersebut dan putranya duduk bersama di sebuah ruang tunggu Bandara Internasional Yangon sebelum Yeoh dan putra Suu Kyi masuk pesawat.

Suu Kyi dibebaskan tanggal 13 November setelah lebih dari tujuh tahun dalam tahanan rumah. Pembebasannya terjadi sepekan setelah pemilu pertama Myanmar dalam 20 tahun, di mana baik Suu Kyi maupun partainya tidak bisa berpartisipasi.

Suu Kyi pertama kali ditahan tahun 1989 ketika Kim Aris berusia 11 tahun dan kakak laki-lakinya, Alexander, berusia 16 tahun. Junta militer menahan Suu Kyi selama 15 tahun dari 21 tahun terakhir.

Kim Aris tiba di Myanmar pada 23 November setelah menanti beberapa pekan di Thailand, di mana dia mendapat visa Myanmar untuk pertama kali dalam bertahun-tahun.

Kunjungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com