Lingkaran Setan

Kompas.com - 16/12/2010, 03:14 WIB
Editor

Vokalis grup band Padi, Andi Fadly (35), tampil pada acara Speakfest ”Suara Pemuda Antikorupsi”, akhir pekan lalu di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Fadly menyatakan ikut berjuang melawan korupsi. Rupanya, penyanyi yang bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu pernah menjadi korban pungutan liar yang menjadi bagian dari korupsi. ”Sewaktu saya mengurus paspor lima tahun lalu, ada pegawai yang minta Rp 50.000 untuk ’jalur cepat’. Saya bilang saya mau ikut aturan walaupun saya harus menunggu selama satu minggu,” kata Fadly. Kemudian dia datang setiap hari ke kantor itu dan bertanya kepada pegawai tersebut apakah paspornya sudah siap. ”Saya tidak peduli yang penting saya tidak mau kasih duit.”

Cowok kelahiran Makassar itu sedih juga jika mengingat sejumlah temannya yang kini menjadi pegawai negeri. Gaya hidup mereka sudah berubah. ”Saya mendengar mereka sudah masuk di lingkaran setan itu,” kata Fadly. ”Teman itu melanjutkan budaya korupsi. Saya pikir generasi kita harus mengubah sistem itu,” ucapnya.

Saat di atas panggung Speakfest, yang diselenggarakan Transparency International, Fadly mengajak anak muda untuk meningkatkan harga diri dan berjuang melawan korupsi. ”Kalau semua sudah angkat tangan, Indonesia akan kalah. Kita akan bikin revolusi!” seru Fadly. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.