Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitkah Menurunkan Berat Badan 12 Kg Pascakehamilan?

Kompas.com - 28/12/2010, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Mendapati berat badan kembali ideal paskakehamilan dan persalinan menjadi impian banyak perempuan. Tenang saja, tak ada yang tak mungkin. Caranya, Anda harus bersabar menjalani prosesnya, mengontrol kebiasaan makan dan rutin berolahraga. Di atas itu semua, berpikir dan bersikap positif terhadap diri sendiri menjadi kunci utamanya.

Normalnya, pascakehamilan Anda bisa menurunkan berat badan 2 Kg per bulan. Anda membutuhkan waktu sekitar 6-7 bulan untuk mengembalikan berat badan normal atau ideal. Tergantung berat badan Anda sewaktu hamil. Tentunya, cara ini dijalankan secara alami dengan pola hidup sehat, diet, berolahraga dan berdisiplin menjalankan prosesnya.

Artinya, Anda bisa menurunkan berat badan 12-14 Kg selama 6-7 bulan pascakehamilan. Kebanyakan perempuan kehilangan berat badan 4,5 KG saat persalinan, termasuk berat badan bayi, plasenta dan air ketuban. Nah, selanjutnya Anda bisa "memerangi" berat badan dengan disiplin diri.

Agar sukses menurunkan berat badan, Anda juga perlu berbaik hati dengan diri sendiri. Anda perlu menerima fakta bahwa tubuh mengalami perubahan. Anda akan mendapati kulit berlebih di bagian perut sebagai akibat peregangan sewaktu hamil. Stuktur tulang juga mengalami perubahan permanen pascakehamilan. Anda perlu berpikir positif untuk menerima perubahan stuktur tubuh Anda pascakehamilan.

Cara mengontrol makanan
Asupan nutrisi yang tepat dan seimbang juga dibutuhkan paskakehamilan. Terutama bagi ibu menyusui. Jadi, tak perlu diet berlebihan. Lantas makanan sehat apa yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan?
* Fokus dan disiplin mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, protein, serat yang membantu Anda kenyang lebih lama. Pilih susu rendah lemak begitu juga keju rendah lemak.

* Lawan godaan  
Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat. Lawan godaan di depan mata, makanan cepat saji misalnya. Hindari makan makanan yang merusak target Anda menurunkan berat badan.

* Makan dengan porsi kecil
Meski sedang diet Anda tetap butuh asupan makanan. Kurangi saja porsi makan Anda. Namun jangan melewatkan waktu makan Anda. Tambahkan porsi untuk sayur dan buah dalam menu setiap hari.

* Makan saat lapar
Saat pikiran mulai dikuasai oleh keinginan untuk makan, lakukan pengalihan pikiran dan aktivitas. Ajak saja bayi Anda berjalan-jalan, hubungi teman atau keluarga untuk mengabarkan perkembangan bayi Anda atau lakukan kegiatan lain seperti membaca. Alihkan pikiran Anda dari godaan makanan.

Cara beraktivitas fisik
Di masa lalu, perempuan cenderung disarankan untuk berolahraga setelah enam minggu pascapersalinan. Kini, gaya hidup berubah. Bagi Anda yang menjalankan olahraga saat hamil dan melahirkan normal, Anda bisa memulai olahraga beberapa hari setelah persalinan. Kesiapan tubuh bergantung kesiapan psikis Anda. Namun, jika Anda menjalani operasi Caesar dan mengalami komplikasi saat persalinan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untukmemulai olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com