Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo Menggairahkan Film Lokal

Kompas.com - 31/12/2010, 06:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Hanung Bramantyo (35) memiliki obsesi mengadakan lokakarya film di sejumlah daerah di luar Jakarta. Keinginan itu dia ungkapkan saat berada di Palembang, Sumatera Selatan, beberapa hari lalu.

Workshop film adalah pendidikan tentang membuat film yang diselenggarakan di daerah-daerah. Ini karena Jakarta sudah sumpek, juga supaya industri film tidak terpusat di Jakarta,” ujar sutradara film Sang Pencerah itu.

Hanung membandingkan kondisi perfilman di Indonesia dan Amerika Serikat. Menurut dia, di AS ada banyak kota yang menjadi pusat industri film, antara lain New York dan Hollywood, Los Angeles.

”Saya berharap workshop film di Yogyakarta, tapi apa salahnya kalau dilakukan juga di luar Jawa seperti di Palembang dan Makassar. Nanti para peserta akan membuat film, tapi bukan saya sutradaranya,” katanya.

Hanung berharap, dengan adanya lokakarya film di daerah akan muncul film daerah yang menonjolkan budaya lokal dan potensi lokal.

”Saya menginginkan film yang bercerita tentang lokalitas. Budaya lokal adalah kekuatan, seperti China dengan kungfunya dan Jepang dengan samurainya,” ungkapnya.

Tahun 2011, Hanung berencana menggarap film tentang toleransi agama dan film Sang Pencerah II. (WAD)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com