Hanung Bramantyo Menggairahkan Film Lokal

Kompas.com - 31/12/2010, 06:50 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Hanung Bramantyo (35) memiliki obsesi mengadakan lokakarya film di sejumlah daerah di luar Jakarta. Keinginan itu dia ungkapkan saat berada di Palembang, Sumatera Selatan, beberapa hari lalu.

Workshop film adalah pendidikan tentang membuat film yang diselenggarakan di daerah-daerah. Ini karena Jakarta sudah sumpek, juga supaya industri film tidak terpusat di Jakarta,” ujar sutradara film Sang Pencerah itu.

Hanung membandingkan kondisi perfilman di Indonesia dan Amerika Serikat. Menurut dia, di AS ada banyak kota yang menjadi pusat industri film, antara lain New York dan Hollywood, Los Angeles.

”Saya berharap workshop film di Yogyakarta, tapi apa salahnya kalau dilakukan juga di luar Jawa seperti di Palembang dan Makassar. Nanti para peserta akan membuat film, tapi bukan saya sutradaranya,” katanya.

Hanung berharap, dengan adanya lokakarya film di daerah akan muncul film daerah yang menonjolkan budaya lokal dan potensi lokal.

”Saya menginginkan film yang bercerita tentang lokalitas. Budaya lokal adalah kekuatan, seperti China dengan kungfunya dan Jepang dengan samurainya,” ungkapnya.

Tahun 2011, Hanung berencana menggarap film tentang toleransi agama dan film Sang Pencerah II. (WAD)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X